Gaya Hidup Sehat Sederhana

Banyak orang yang mengatakan sehat itu mahal, padahal justru sehat itu murah, sakitlah yang sebenarnya mahal. Oleh karenanya, sangat penting bagi kita untuk melakukan tindakan pencegahan sebelum sakit. Banyak penyakit bersumber dari gaya hidup yang buruk dari diri sendiri. Pola hidup semacam ini terbentuk dari aktivitas sehari-hari yang berulang sehingga menjadi sebuah kebiasaan. Bila kebiasaan buruk tersebut kita lakukan terus menerus, maka penyakit berbahaya seperti kanker, diabetes, dan bahkan serangan jantung akan sangat mudah sekali menyerang.  Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan tersebut, ada baiknya kita mulai merubah gaya hidup kita menjadi gaya hidup sehat.

Gaya hidup sehat adalah suatu pilihan sederhana yang sangat tepat untuk dijalankan. Hidup dengan pola makan, pikiran, kebiasaan dan lingkungan yang sehat. Sehat dalam arti kata mendasar adalah segala hal yang kita kerjakan memberikan hasil yang baik bagi tubuh. Dari pengertian di atas dapat diartikan bahwa gaya hidup sehat adalah adalah suatu pilihan yang sangat tepat untuk kelangsungan hidup kita, sedangkan pola hidup sehat adalah jalan yang harus ditempuh untuk memperoleh fisik yang sehat secara jasmani maupun rohani. Jadi gaya hidup sehat adalah proses untuk mencapai pola hidup sehat.

Hidup sehat memang seharusnya dimulai sedini mungkin. Namun, banyak yang gagal atau malas menjalani pola hidup tersebut karena dianggap sulit dan menyusahkan. Padahal, untuk menerapkan gaya hidup sehat tidak perlu memulainya dengan sesuatu yang berat. Seperti beberapa cara sederhana ini bisa Anda lakukan untuk memulai gaya hidup sehat.

  • Hindari menggunakan Eskalator, Pilih Naik Tangga. Kebiasaan naik-turun dengan menggunakan tangga, bukan dengan eskalator akan lebih menyehatkan tubuh. Jika rutin dilakukan, maka berat badan akan turun dan pada akhirnya berdampak pada menurunnya tekanan darah, mengurangi kadar kolesterol jahat dan mengurangi risiko peradangan organ dalam.
  • Membatasi Konsumsi Gula. Rasa manis memang menyenangkan di lidah. Namun, jika Anda ingin hidup lebih sehat, sebaiknya mulailah kurangi konsumsi gula. Konsumsi gula berlebih justru dapat meningkatkan resiko obesitas, diabetes dan juga jantung. Selain itu, konsumsi gula berlebih juga menyebabkan kulit cepat keriput.
  • Makan Siang dengan Sayuran. Jika menu makan siang Anda lebih banyak sayuran segar dibandingkan nasi, daging atau telur, maka Anda telah mengurangi risiko terkena penyakit serius secara drastis. Orang-orang yang rajin makan sayur jarang terkena gangguan kesehatan seperti sakit jantung, diabetes atau kanker.
  • Menggunakan Minyak Zaitun Untuk Memasak. Mengganti minyak kelapa sawit dengan minyak zaitun atau biji bunga matahari akan menurunkan risiko terkena penyakit jantung.

Tidak sulit bukan menerapkan gaya hidup sehat dalam kehidupan kita sehari-hari? Yu, mulailah gaya hidup sehat agar terhindar dari resiko penyakit yang berbahaya.

Spread the word. Share this post!