Ikuti 3 Cara Diet Sederhana Ini Tanpa Membuat Tubuh Tersiksa

Banyak orang beranggapan jika diet merupakan hal sulit dilakukan karena harus mengurangi konsumsi makanan dan harus menahan rasa lapar. Ini merupakan persepsi yang salah kaprah. Sebenarmya, diet merupakan pengaturan pola makan. Dibanding menyiksa diri sendiri dengan diet ketat, akan lebih baik Anda mencoba 3 cara diet simple berikut:

Ikuti 3 Cara Diet Sederhana Ini Tanpa Membuat Tubuh Tersiksa

Makan dengan Frekuensi Lebih Sering

Orang Indonesia memiliki pola makan 3 kali sehari yakni pagi, siang, dan malam dengan 2 kali snack di sela-sela waktu makan. Sebaiknya jangan menghilangkan salah satu waktu makan karena hal ini malah akan membuat Anda makan lebih banyak keesokan harinya. Anda akan sangat lapar dan cenderung memutuskan makan lebih banyak dan mengasup lebih banya kalori. Terlebih lagi jika Anda makan dengan porsi yang sedikit, ini akan membuat Anda kelaparan sepanjang waktu hingga memutuskan mengasup makanan tinggi kalori sebelum waktu makan berikutnya. Camilan seperti keripik, cokelat, dan biskuit tanpa Anda sadari diasup oleh tubuh dengan dalih untuk mengganjal perut. Hal inilah yang membuat seakan akan diet Anda gagal karena berat badan tidak kunjung turun. Ini disebabkan secara tidak sadar Anda mengasup kalori berlebih. Akan lebih baik jika Anda mencoba makan lebih sering. Anda dianjurkan makan sebanyak 6-7 kali sehari. Porsi makan Anda tidak akan dikurangi melainkan dibagi menjadi beberapa kali makan. Keuntungan cara diet dengan mengatur pola pola makan ini adalah kadar gula darah akan tetap stabil dan mencegah Anda tergoda mencicipi snack tinggi kalori.

Pilih Makanan Rendah Kalori

Saat memulai diet, sebaiknya Anda tidak mengurangi porsi makan Anda. Lebih baik ganti makanan yang Anda konsumsi dengan makanan rendah kalori. Cara diet ini dirasa cukup efektif karena tidak akan mengubah kebiasaan Anda secara total. Anda dapat memperbanyak makanan berserat seperti buah dan sayur. Anda juga dapat tetap mengonsumsi nasi putih namun kurangi porsinya. Gantikan porsi nasi yang hilang dengan makanan sehat lainnya. Apabila Anda makan di luar, sebaiknya pilih makanan yang dikukus atau dibakar.

Waspada Kandungan Gula, Garam, dan Lemak Tersembunyi

Kadang tanpa sadar Anda mengonsumsi gula, garam, dan lemak dalam jumlah berlebih. Hal ini disebabkan oleh gula, garam dan lemak tersembunyi yang terkandung dalam makanan. Untuk mengatasi hal tersebut, sebaiknya Anda mengingat rumus G4 G1 L5. G4 berarti maksimal gula yang Anda konsumsi dalam sehari adalah 4 sendok makan, G1 merupakan batas maksimal mengonsumsi garam dalam sehari yakni 1 sendok teh, dan L5 berarti batas maksimal lemak dalam sehari ialah 5 sendok makan. Perhatikan juga kandungan GGL yang tidak tampak misalnya dalam roti.

Setelah memperbaiki cara diet, maksimalkan diet Anda dengan olahraga secara teratur. Selain untuk memaksimalkan pembakaran lemak, olahraga juga dapat membuat tubuh semakin bugar.

Spread the word. Share this post!