Info Gaya Hidup Sehat untuk Wanita yang Wajib untuk Diketahui

Kesehatan adalah harta yang paling berharga untuk setiap manusia. Karenanya upaya untuk tetap menjaga kesehatan mulai ditanamkan sejak kecil dan dilakukan setiap hari. Upaya yang dilakukan setiap hari ini menjadi sebuah gaya hidup yang positif di tengah kebiasaan lainnya yang terkadang lebih memberi efek negatif terhadap tubuh kita. Bagi wanita sendiri, kesehatan serasa lebih rawan karena banyak penyakit yang justru beresiko lebih besar diderita oleh kaum wanita. Berikut ini adalah info gaya hidup sehat bagi para wanita untuk menghindarkan diri dari resiko penyakit kronis yang kini banyak menyebabkan kematian.

Wanita merupakan makhluk unik dimana Tuhan menitipkan organ-organ tertentu untuk melakukan fungsinya sebagai organ reproduksi. Namun pada organ ini terdapat resiko penyakit yang juga bisa merenggut nyawa wanita. Kanker payudara, kanker rahim dan kanker mulut rahim membayangi wanita usia produktif yang kurang menjaga kesehatannya. Karenanya menjaga kesehatan harus dilakukan sedini mungkin dan setiap hari dengan cara menjadikannya sebagai gaya hidup.

Menjaga kesehatan organ dalam wanita sebenarnya memiliki cara yang sama dengan menjaga tubuh wanita seutuhnya. Cara yang paling umum dilakukan adalah dengan mengkonsumsi makanan dan minuman yang sehat serta menghindari makanan kurang sehat seperti junk food, makanan berpengawet, dan makanan tinggi lemak serta kolesterol. Cara lainnya yang tak kalah penting adalah dengan rutin melakukan olahraga sehingga tubuh menjadi bugar sehat untuk melakukan metabolism dan regenerasi sel yang baru.

Sebagai info gaya hidup sehat yang khusus untuk mencegah penyakit pada organ reproduksi wanita, berikut ini beberapa saran yang bisa Anda lakukan:

Baca Juga: INFO GAYA HIDUP: KENALI 4 RESIKO INI KETIKA MENJALANKAN GAYA HIDUP TIDAK SEHAT

  • Berikan ASI pada bayi Anda minimal hingga bayi berusia 6 bulan agar payudara wanita tidak rawan terkena kanker payudara.
  • Gunakan pembalut wanita yang herbal atau tidak mengandung bahan kimia dan bahan berbahaya yang bisa meningkatkan resiko terjadinya kanker servik.
  • Tidak bergonta-ganti pasangan.
  • Tidak melakukan aborsi.
  • Melakukan tes papsmear rutin apalagi bagi wanita yang beresiko tinggi dengan garis keturunan yang memiliki riwayat kanker.

Kesehatan organ reproduksi sangat penting karena organ tersebut termasuk organ dalam yang bisa menyebabkan gangguan kesehatan serius jika tidak dijaga kesehatannya. Organ reproduksi yang sakit bisa menyebabkan wanita tidak bisa memiliki keturunan karena proses pengangkatan rahim akibat kanker. Oleh karena itu jauhi beberapa faktor yang disebutkan di atas agar Anda tidak beresiko terkena penyakit kronis pada organ reproduksi. Info gaya hidup sehat ini sebaiknya bukan hanya dijadikan bacaan semata, namun juga dilakukan sebagai gaya hidup agar Anda terhindar dari penyakit kronis yang mematikan. Support bagi yang penderita kanker juga bisa Anda lakukan dengan cara mendonasikan dana dan mengajarkan gaya hidup sehat pada wanita lainnya.

 

Spread the word. Share this post!