Ini Dia Berbagai Sayuran Sehat yang Harus Anda Konsumsi

Sebagai orang tua, pasti Anda sering marah ketika anak tidak ingin menghabiskan sayuran sehat yang Anda masak. Padahal, sayuran bukan hanya berguna untuk anak namun orang dewasa juga memerlukannya. Hal ini dikarenakan sayuran hijau begitu kaya akan kandungan vitamin, serat dan mineral, hingga senyawa yang bisa melindungi Anda dari penyakit kanker, diabetes dan jantung. Di setiap jenis sayuran mempunyai manfaat masing-masing, tetapi sayuran hijau yang paling unggul dan bisa Anda konsumsi secara teratur agar meningkatkan kesehatan Anda.

Sepertinya sudah menjadi rahasia umum jika berbagai macam sayuran dan buah memiliki manfaat yang sangat luar biasa bagi tubuh, mengkonsumsi banyak sayuran dan buah memang sangat penting. Hal ini disebabkan karena nutrisi serta serat yang berada di dalamnya bisa membantu mengurangi tekanan darah tinggi, stroke, dan mencegah masalah pencernaan. Agar bisa memaksimalkan manfaat dari sayuran hijau, Anda harus mengetahui jika kebutuhan setiap individu berbeda. hal ini bergantung pada jenis kelamin, usia hingga tingkat aktivitas fisiknya. Konsultasikan dengan dokter mengenai kebutuhan konsumsi sayuran hijau. Membiasakan diri mengkonsumsi sayuran hijau dapat membuat Anda terbiasa mengkonsumsi makanan sehat.

Ada beberapa jenis sayuran sehat yang bisa Anda konsumsi. Pertama, kubis. Walaupun mempunyai warn yang sedikit pucat dari sayuran hijau lain, kubis adalah sumber vitamin C. ada 2 jenis kubis yakni kubis hijau dan kubis merah. Di dalam 100 gram kubis ada 25 kalori. Sayuran ini bisa dimasak atau dijadikan sebagai campuran salad. Bukan hanya itu, sebenarnya kubis juga bisa digunakan untuk metode pengobatan, banyak orang yang mempergunakan kubis untuk dijadikan sebagai obat asam lambung berlebih, obat sakit perut, tukak lambung, asma dan yang lainnya. bahkan ibu menyusui sering menggunakan kubis untuk dibalurkan pada payudara karena bisa mengurangi rasa sakit dan pembengkakan. Walaupun demikian, manfaat dari kubis masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.

Kedua, brokoli. Brokoli mempunyai pohon yang kecil, namun ia kaya akan kandungan nutrisi yang sangat bermanfaat bagi Anda, di dalam 100 gram brokoli terdapat 32 kalori. Sawi juga sering disamakan seperti kale yang sama-sama memiliki warna hijau. Sayur ini mempunyai banyak kandungan nutrisi seperti serat, air, kalsium, zinc, dan yang lainnya. sawi memiliki rasa yang lezat ketika di tumis atau dijadikan sebagai bahan tambahan menu lain.

Sayuran sehat yang ketiga ialah bayam. Jika membicarakan mengenai bayam, pasti Anda langsung ingat dengan tokoh kartu yang bernama Popeye. Kebiasaan Popeye yang sering mengkonsumsi bayam dan bisa memompa ototnya dengan instan. Ternyata, sayuran yang mempunyai daun hijau ini juga bisa membantu melawan pengeroposan tulang dan penyakit jantung. Bayam juga kaya kandungan mineral, antioksidan, serat dan yang lainnya. berbagai macam kandungan nutrisi tersebut berguna untuk tubuh Anda.

 

Spread the word. Share this post!