Ini Dia Cara Menghilangkan Bau Badan Secara Maksimal

Banyak orang yang menduga bila bau badan dikarenakan oleh keringat. Padahal, tidak demikian, kesalahpahaman ini membuat banyak orang menjadi salah kaprah saat menghilangkan bau ini. Dalam dunia kesehata, bau ini sering disebut dengan bromhidrosis. Banyak yang mengira saat berkeringat, bau ini akan menyengat, padahal bau ini muncul ketika keringat bercampur dengan bakteri, dan mengubahnya menjadi asam.

Ini Dia Cara Menghilangkan Bau Badan Secara Maksimal

Penyebab Bau Badan

Pada dasarnya, keringat berasal dari kelenjar yang ada di kulit. 2 kelenjar utama adalah ekrin serta apokrin. Untuk ekrin, ada di semua bagian tubuh yang terbuka, sedangkan untuk jenis apokrin, lebih banyak berada di sekitar selangkangan dan ketiak Kelenjar ekrin ini akan mengeluarkan keringat dengan komposisi garam dan air ketika suhu tubuh meningkat. Keringat yang muncul akan membahasahi permukaan kulit, kemudian menguap. Hal tersebut dilakukan agar suhu tubuh tak terlalu panas.

Beda dengan ekrin yang menghasilkan keringat berbentuk garam dan air. Kelenjar apokrin mengeluarkan cairan yang memiliki sifat seperti susu. Cairan ini dikeluarkan saat seseorang mengalami stres. Kemudian, saat keringat bercampur dengan bakteri, bau pun muncul. Walaupun pada umumnya keringat muncul secara alami, namun sebagian orang memiliki keringat yang berlebihan karena pengaruh hal tertentu.

Tips Hilangkan Bau Badan

Walaupun tak berbahaya, namun bau badan sering membuat kita menjadi kehilangan rasa percaya diri. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan masalah ini serta mengembalikan rasa percaya diri, antara lain:

  • Mandi teratur. Mandi minimal sekali sehari merupakan cara menghilangkan bau di badan yang mudah. Ketika mandi, pastikan daerah yang rawan keringat di badan, dibasuh dengan bersih. Namun, hati-hati bila keringat yang keluar hanya sedikit karena bakteri yang menjadi penyebab bau malah sukar tersapu.
  • Gunakan sabun antibakteri. Anda bisa memilih sabun dengan kandungan antibakteri di dalamnya. Sehingga, bau di badan bisa berkurang sepanjang hari. Sekarang banyak pilihan sabun antibakteri dengan harga yang terjangkau.
  • Gunakan pakaian yang tepat. Pakaian yang dibuat dari bahan nyaman, tak akan membuat tubuh gerah, dan dapat membantu mengurangi potensi keringat keluar berlebihan, dan pada akhirnya dapat meminimalkan bau. Kaos kaki juga dibutuhkan untuk menghindari munculnya bau di kaki. Pastikan mengganti pakaian setiap hari termasuk kaos kaki.
  • Kenakan deodoran. Memang, deodoran tak bisa mencegah keringat keluar, tetapi wanginya bisa menghalangi bau yang muncul. Sedangkan, antiperspiran dapat mengurangi keringat yang keluar. Produk ini dibutuhkan bagi mereka yang mengeluarkan keringat secara berlebihan.
  • Perhatikan asupan makanan Anda. Ada beberapa jenis makanan yang dapat membuat seseorang memproduksi keringat secara berlebihan, makanan tersebut seperti aneka makanan pedas, bawang merah dan bawang putih. Hindari makanan tersebut agar bau di badan berkurang.

Spread the word. Share this post!