Inilah Bahaya Narkoba Bagi Para Pelajar yang Harus Diperhatikan

Masa remaja adalah satu fase perkembangan yang terjadi antara masa anak-anak menuju ke masa dewasa. Dalam fase perkembangan yang terjadi antara masa anak menuju masa dewasa ini, adalah awalnya membentuk suatu karakter sifat serta kepribadian saat masa dewasa nantinya. Maka dari itu, perlunya diperhatikan pada pergaulan anak tersebut. Jangan sampai anak tersebut terjerat kedalam pergaulan yang salah. Apalagi sampai terjerat dalam narkoba. Perlu diperhatikan bahwa bahaya narkoba sangatlah merusak masa depannya nanti.

Jika seorang anak sudah terjerat kedalam dunia narkoba, maka akan merusak segalanya. Dan masa depannya menjadi sangat suram. Pada saat masa remaja tersebut memanglah sedang dalam tahap penyesuaian diri. Dan sangat mudah terpengaruh oleh dunia luar. Seperti trend atau gaya hidup kekinian, mempunyai keinginan untuk mencoba segala hal, masih suka bersenang-senang sesuka hati, dan masih banyak lagi yang sedang menjadi tahap perkembangan dalam usia remaja.

Oleh karena itu, perlunya para orang tua agar selalu memantau kegiatan anaknya saat berada diluar rumah ataupun sekolah. Karena sekarang banyak cara yang bisa digunakan oleh orang-orang jahat dalam upaya penyebaran kecanduan narkoba. Seperti permen, an lain sebagainya. Apalagi harga dari barang narkoba tidaklah murah. Maka jika sudah kecanduan, serta tidak mempunyai uang yang cukup untuk membelinya, maka akan besar kemungkinan anak tersebut akan mencari jalan pintas dalam menari uang, seperti misalnya mencuri.

Disini akan dibahas mengenai beberapa bahaya narkoba agar selalu diwaspadai. Diantaranya adalah:

  • Gangguan sistem saraf. Saat seseorang sudah kecanduan narkoba, akan mengalami gangguan pada sistem saraf yang biasa disebut dengan neurologist. Gejala dari gangguan saraf ini adalah halusinasi, kejang-kejang, kerusakan saraf tepi, dan gangguan saraf tepi.
  • Gangguan penyakit kulit. Jika anak sudah ketergantungan narkoba, akan mengalami gangguan penyakit kulit, atau yang biasa disebut dengan dermatologist. Dan gejalanya adalah mengalami penanahan, serta alergi.
  • Gangguan pembuluh darah dan jantung. Atau yang biasa disebut dengan cardiovascular. Gangguan yang terjadi pada pembuluh darah dan jantung ini, akan mengalami gangguan peredaran darah, dan infeksi akut pada otot jantung.
  • Gangguan paru-paru. Atau yang biasa disebut dengan pulmonary. Pemakai narkoba akan mengalami kesukaran bernafas, penekanan fungsi pernafasan, pengumpulan benda asing yang telah terhirup, dan penggeseran jaringan paru-paru.
  • Infeksi virus HIV dan AIDS. Biasanya disebabkan karena pemakaian jarum suntik yang digunakan bersama-sama.

Itulah beberapa hal mengenai bahaya narkoba yang harus selalu diperhatikan, agar mengurangi para pemakai narkoba yang sekarang ini sudah menyebar sangat luas, dan juga sudah banyak korban yang meninggal dunia akibat kecanduan narkoba. Maka dari itu, pentingnya peranan orang tua serta guru dalam memberikan pengertian tentang bahaya dari narkoba tersebut.

Spread the word. Share this post!