Inilah Masalah yang Akan Dihadapi Jika Anda Konsumsi Alkohol Secara Berlebihan

Konsumsi alkohol berlebihan atau kecanduan alkohol merupakan kondisi saat seseorang tidak dapat lepas dari penggunaan zat tersebut dengan tidak mengenal situasi. Pecandu bisa menghabiskan banyak waktunya dengan mengkonsumsi alkohol. Kadar alkohol yang di konsumsinya pun menjadi tidak terkontrol. Selain berbahaya bagi kesehatan serta keselamatan, kecanduan alkohol juga bisa merusak kehidupan si pecandunya. Umumnya bisa terlihat pada kualitas pekerjaan di kantor yang menurun drastis hingga hubungan pecandu dengan orang yang berada di sekitarnya menjadi renggang termasuk pasangan.

Mengkonsumsi alkohol secara terus menerus dalam jumlah yang tidak terbatas pada akhirnya bisa menimbulkan masalah. masalah yang ditimbulkan seperti radang pankreas, penyakit hati, kekebalan tubuh yang menurun, stroke, kerusakan tulang, penyakit saraf, penyakit jantung, gangguan penglihatan, gangguan menstruasi, disfungsi seksual dan yang lainnya. alkohol yang masuk dalam tubuh akan dicerna serta diserap oleh darah kemudian diedarkan di seluruh organ termasuk otak serta menekan sistem saraf pusat di dalam. Dalam jumlah kecil, alkohol memang bisa menghasilkan efek tenang, tetapi jika mengkonsumsi alkohol dalam jumlah yang besar atau berlebihan, zat ini bisa memberi efek memabukkan serta ditandai dengan perubahan mental perilaku.

Konsumsi alkohol berlebihan bisa dialami oleh orang dalam usia berapapun, tetapi sebagian besar kasus ini berada di kelompok usia 20 an serta 30 an. Ada faktor yang dapat menyebabkan seseorang mengalami kecanduan. Salah satu faktor resiko ialah gangguan psikologi seperti stress, depresi hingga gangguan kecemasan. Sebagian kecil orang juga kecanduan karena mereka menyukai rasa minuman ini. namun pada umumnya, orang-orang menjadi ketagihan saat mengkonsumsi minuman beralkohol karena menjadikannya sebagai jalan keluar serta meluapkan seluruh stress dan depresi dari permasalahan di dalam kehidupan pribadi.

Lingkungan sosial pun menjadi faktor resiko. Jika seseorang tinggal di lingkungan yang gemar mengkonsumsi minuman keras, maka orang tersebut bisa tertular efek alkohol dan pada akhirnya ikut mengkonsumsi alkohol. Alkohol memang bisa menstimulasi otak serta mempunyai efek yang menenangkan. Biasanya ketika seseorang sudah terbiasa minum alkohol, efek yang dihasilkan tidak sama seperti pertama kali mencobanya. Oleh sebab itu untuk orang yang sudah kecanduan, porsi alkohol akan terus meningkat dan dapat merasakan efek menenangkan. Faktor lain yang menjadi pemicu adalah genetik keluarga.

Agar kita tidak terjerumus konsumsi alkohol secara berlebihan, Anda harus menerapkan pola hidup sehat. Lakukan olahraga dengan teratur, selain itu konsumsi makanan bergizi, cukup tidur. Jangan pernah mengabaikan nilai agama karena agama juga memberikan andil untuk mencegah diri terjerat minuman ini. bila terdapat teman yang gemar mengkonsumsi minuman keras dan mengajak Anda berpartisipasi mengkonsumsi minuman ini, Anda harus bersikap tegas serta menolak ajakan mereka. Bila perlu, berikan pengertian pada mereka jika Anda tidak ingin minum minuman alkohol.

 

Spread the word. Share this post!