Inilah yang Harus Anda Tanyakan pada Dokter Sebelum Melakukan Operasi Plastik

Apakah Anda punya rencana untuk melakukan operasi plastik untuk membenahi penampilan? Jika iya, sebaiknya Anda mencari informasi yang sebanyak-banyaknya tentang prosedur tersebut mulai dari apa saja yang nantinya harus disiapkan serta berbagai risiko yang mungkin terjadi setelah operasi dilakukan. Dan sebaiknya Anda mencari berbagai informasi tersebut dengan cara menemui dokter bedah secara langsung. Nah, jika Anda sudah bertemu dengan dokter bedah, silahkan Anda tanyakan beberapa hal di bawah ini juga ya.

Inilah yang Harus Anda Tanyakan pada Dokter Sebelum Melakukan Operasi Plastik

Rekam Jejak dan Pengalaman si Dokter

Pertanyaan pertama yang harus Anda ajukan adalah rekam jejak dan pengalaman dari dokter yang bersangkutan. Rekam jejak dan pengalaman ini bisa dibuktikan salah satunya dengan sertifikat bedah plastik. Tapi sebelumnya harus Anda ketahui, bedah plastik itu macam-macam, karenanya sebelum Anda memutuskan untuk menemui dokter, silahkan Anda tentukan terlebih dahulu operasi apa yang akan Anda lakukan lalu dokter apa yang Anda butuhkan untuk operasi tersebut.

Selain menanyakan sertifikat dokter yang bersangkutan, tak ada salahnya jika Anda juga bertanya tentang jumlah orang yang telah dioperasi olehnya. Tindakan ini akan sangat membantu Anda agar tidak menjadi korban dari malpraktik.

Bius yang Nanti Akan Digunakan oleh Dokter

Secara umum, bius itu ada 3 jenis, yaitu bius umum, bius regional kemudian bius lokal. Masing-masing bius tersebut mempunyai fungsi yang berbeda-beda sehingga wajib untuk Anda mengetahuinya. Kemudian, silahkan Anda tanyakan pada dokter yang akan membedah Anda kira-kira nanti bius apakah yang akan dia gunakan nantinya.

Risiko yang Mungkin Muncul Setelah Operasi

Anda pasti sudah tahu bukan bahwa masing-masing operasi itu ada risikonya sendiri-sendiri? Nah, sebelum Anda melakukan operasi plastik tersebut, sebaiknya Anda bertanya pada dokter kira-kira nanti apa saja risiko atau komplikasi yang mungkin terjadi setelah prosedur dilakukan. Biasanya, dokter bedah sendiri itu akan menolak melakukan pembedahan pada pasien yang merasa risikonya terlalu besar.

Foto Before – After Pasien yang Pernah Dioperasi Sebelumnya

Pertanyaan lain yang harus Anda ajukan sebelum operasi plastik yang selanjutnya adalah foto before dan after pasien yang sudah mereka tangani. Biasanya, dokter yang professional tidak akan keberatan untuk menunjukkannya sebagai bukti bahwa mereka memang benar-benar bisa dipercaya.

Total Biaya yang Harus Anda Keluarkan

Jika Anda memang sudah yakin dengan keputusan Anda untuk operasi plastik dan Anda juga sudah mantap dengan dokter tersebut, sekarang waktunya untuk Anda menanyakan total biaya yang harus Anda keluarkan. Tanyakan hal ini secara rinci, karena ada banyak orang yang tidak sadar bahwa sebenarnya di belakang itu ada biaya lain-lain yang mungkin saja nilainya lebih besar dari biaya inti. Ada baiknya juga jika Anda memastikan bahwa operasi tersebut sudah mencakup asuransi kesehatan yang Anda punya.

Spread the word. Share this post!