Jangan Asal Pilih, Pastikan Hanya Sayuran Sehat yang Dikonsumsi Keluarga

Sayuran merupakan salah satu bahan makanan yang sangat penting bagi tubuh, berbeda dengan daging atau bahkan juga karbohidrat yang jika dikonsumsi secara berlebihan bisa menyebabkan penimbunan lemak berlebih dalam tubuh, maka sayuran ini justru memiliki sifat yang sebaliknya. Kandungan serat dan juga vitamin yang tinggi membantu dalam memperlancar pencernaan juga mengoptimalkan penyerapan at gizi lain dalam tubuh. hanya saja ternyata tak semua jenis sayur yang Anda konsumsi masuk dalam kategori sayuran sehat.

Tentunya sudah tak asing lagi bagi Anda mengenai beberapa kejadian keracunan makanan yang disebabkan karena sayur yang dikonsumsi mengandung bahan kimia berbahaya. Mengingat banyak petani yang belakangan ini menggunakan berbagai macam obat-obatan untuk mengoptimalkan perkembangan sayur yang mereka tanam. Tampilannya memang bagus, bahkan dari segi ukuran sangat besar, namun ada efek samping berbahaya yang terkandung di dalamnya. Untuk itulah sebagai konsumen maka wajib bagi Anda mengetahui cara pemilihan sayuran sehat untuk keluarga, diantaranya adalah:

Baca Juga: INI DIA DAFTAR SAYURAN SEHAT YANG HARUS ANDA KONSUMSI

  1. Sayuran yang baik masih dalam kondisi yang segar, kesegaran ini menunjukkan bahwa kandungan vitamin dan juga mineral yang ada di dalamnya masih utuh, hindari memilih sayuran yang sudah layu, apalagi sudah kering, karena Anda tak akan mendapatkan manfaat apapun ketika mengkonsumsinya.
  2. Sayuran yang berlubang atau dimakan ulat jauh lebih sehat dibandingkan dengan yang utuh, banyak orang yang justru jijik dengan kondisi sayuran semacam ini, namun patut untuk diketahui bahwa sayuran yang dikonsumsi oleh serangga, khususnya adalah ulat menandakan bahwa mereka benar-benar organik atau sehat dibandingkan dengan yang bagus, banyak mendapat semprotan bahan kimia berbahaya.
  3. Baui terlebih dahulu sebelum membelinya, cium apakah ada aroma obat-obatan atau tidak, karena banyak diantaranya yang direndam dengan suatu zat kimia untuk membuat kesegarannya tahan lama, tentunya sangat berbahaya bagi kesehatan.
  4. Jika sayuran yang Anda beli memiliki warna putih di bagian permukaan, khususnya menyelimuti bagian kulit, itu tandanya ada kandungan pestisida yang menempel, lebih baik jangan memilih sayuran semacam ini, meskipun pada dasarnya pestisida tersebut bisa dengan mudah dibilangkan menggunakan air.
  5. Khusus untuk jenis biji-bijian maka pilihlah yang tidak keriput, biji yang sudah keriput menandakan kandungan air yang ada di dalamnya sudah mulai berkurang atau bahkan menghilang, sehingga jika dikonsumsi rasanya juga tak seenak ketika masih segar.

Sangat mudah bukan, membiasakan makan sayuran selagi masih muda sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh, namun pastikan juga bahwa sayur yang Anda konsumsi tersebut benar-benar dalam kondisi sehat. Sayuran sehat mengandung vitamin dan mineral yang cukup untuk kebutuhan Anda, tanpa menyebabkan efek samping berbahaya bagi yang mengkonsumsinya, baik langsung maupun jangka panjang.

 

Spread the word. Share this post!