Jangan Sembarangan Lari Jarak Jauh

Gaya hidup terkini – Olahraga lari bisa dibilang adalah olahraga yang murah, karena Anda tidak memerlukan peralatan khusus ketika hendak melakukannya. Anda bisa berlari di sekitar komplek rumah. Mau sendiri, berdua, atau beramai-ramai pun tak masalah, karena pada dasarnya berlari bukanlah olahraga tim, jadi tetap bisa dilakukan tanpa perlu tergatung dengan keberadaan orang lain.

lari jarak jauh

lari jarak jauh

Untuk melatih ketahanan tubuh dalam berlari, kita tentu tak bisa langsung berlari jarak jauh. Perlu dari jarak terpendek dulu, baru kemudian jarak tersebut bisa kita tambahkan jika tubuh sudah mulai terbiasa dan kemampuan juga bertambah. Bagi Anda yang tergolong baru menjajaki olahraga ini, sebaiknya jangan sembaragan lari jarak jauh, karena ternyata langsung melakukan lari jarak jauh akan berbahaya bagi tubuh.

Langsung melakukan program latihan berat ternyata bisa mengundang penyakit-penyakit. Secara umum pelari jarak jauh rentan cedera, namun ada penyakit lain seperti gangguan memori,berkurangnya hasrat seksual, sulit hamil, gigi tanggal, sel imun rendah, hingga gangguan jantung.

Di London bahkan ada seorang ahli fisioterapi bernama Steve Berkman yang mengatakan bahwa belakangan jumlah pasien wanitanya meningkat, terutama karena mereka telah mengikuti kompetisi marathon atau triathlon.

Pasien tersebut mungkin mendapatkan tubuh yang bugar dan kesehatan kardiovaskular, namun mereka tidak memberi kesempatan otot dan tendon untuk beradaptasi secara bertahap sehingga menyebabkan cedera. Berbeda dengan para pelari ringan yang ternyata memiliki angka kematian lebih rendah ketimbang mereka yang tidak berolahraga sama sekali atau mereka yang melakukan olahraga secara ekstrim.

Penjelasan tersebut mengajak kita untuk tetap melakukan olahraga namun bertahap sesuai kemampuan kita supaya tujuan untuk mendapat tubuh yang bugar dan sehat tetap dapat tercapai, bukan malah sebaliknya.

Jika Anda adalah penyuka olahraga lari, jangan lewatkan koleksi sepatu lari yang ada di Bukalapak. Di sini ada banyak toko olahraga online yang bisa Anda temui untuk memenuhi kebutuhan hobi olahraga Anda. Tunggu apa lagi, segera belanja di Bukalapak!

Spread the word. Share this post!

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *