Kesalahan Olahraga yang Kerap Dilakukan Wanita

Beraktivitas seperti menggerakkan tubuh misalnya berlari menjadi salah satu cara tidak hanya untuk menjaga agar badan tetap bugar dan sehat sehingga menyebabkan tubuh menjadi kuat dan tidak mudah terserang penyakit namun juga untuk membantu menjaga berat badan. Bagi sebagian wanita, memilih yoga ataupun pilates lebih disukai dan sesuai dengan tubuh, namun, kesalahan saat olahraga ini, selain tidak melakukan pemanasan ataupun pendinginan, justru kerap dilakukan oleh para wanita.

Pertama adalah hanya memilih aktivitas atau latihan dengan intensitas rendah namun memiliki durasi yang panjang. Tidak sedikit wanita yang memilih latihan tersebut sebab tidak membutuhkan tenaga yang banyak namun bisa membakar kalori lebih maksimal. Sayangnya, melakukan latihan intensitas rendah dengan waktu yang panjang juga memerlukan energi yang banyak bahkan kerusakan otot bisa saja Anda derita bahkan perbaikannya juga memerlukan waktu yang lama. Sehingga sebaiknya pilih latihan dengan intensitas rendah dan waktu yang singkat.

Kedua adalah ragu untuk memilih latihan dengan beban. Tidak sedikit wanita yang lebih memilih olahraga ‘ringan’ dibandingkan dengan menggunakan beban karena akan membuat keringat keluar lebih banyak, bau, otot menjadi lebih menggembung, ataupun alasan lainnya. Akan tetapi, menurut Jessica Cummings seorang pelatih Fitness menyebutkan jika berlatih beban justru bermanfaat untuk merampingkan tubuh karena lemak akan terbakar dan masa otot tubuh menjadi lebih kuat. Jika latihan beban diimbangi dengan pola makan misalnya mengkonsumsi banyak protein, menerapkan gaya hidup ataupun latihan yang keras bisa membuat otot menjadi lebih besar seperti atlet binaraga.

Ketiga adalah takut minum kopi sebelum latihan. Tidak banyak yang mengetahui kopi bagus diminum sebelum latihan sebab kopi bisa meningkatkan semangat bahkan hingga 3 kali lipat dengan catatan, kopi yang dikonsumsi adalah kopi hitam less sugar bahkan yang tidak menggunakan gula sama sekali. Porsi yang tepat untuk dikonsumsi adalah hanya 1 cangkir. Jika terlalu banyak justru bisa menyebabkan Anda sering buang air kecil dan harus Anda hindari jika Anda memiliki masalah pada lambung seperti maag. Apabila Anda ingin mendapatkan energi tambahan, bisa menggunakan gula aren ataupun mengkonsumsi pisang sebagai sumber energi.

 Baca Juga: CARA PEMANASAN YANG TEPAT SEBELUM MELAKUKAN OLAHRAGA

Kesalahan lainnya yang kerap wanita lakukan saat olahraga diantaranya adalah:

  • Latihan dengan perut kosong. Banyak yang berfikir jika latihan dengan perut kosong justru bisa lebih cepat membakar kalori. Akan tetapi, menurut Jessica Smith yang merupakan instruktur fitnes menyebutkan jika latihan dengan perut kosong bisa meningkatkan nafsu makan setelah latihan dan kehabisan energi saat latihan.
  • Terobsesi dengan sit-up untuk mendapatkan abs ataupun membakar lemak di perut. Namun, untuk membentuk abs, Anda butuh latihan yang lainnya untuk membentuk otot perut ataupun otot tubuh lainnya misalnya jogging.
  • Target tinggi, sedikit istirahat agar cepat kurus. Sayangnya, jika terlalu di forsir justru bisa membuat Anda mudah sakit.

 

Spread the word. Share this post!