Kiat Lari Pagi untuk Para Penderita Rematik

Lari merupakan salah satu olahraga yang murah meriah dan bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja misalnya saat pagi hari. Namun, berlari ternyata tidak mudah dan tidak disarankan untuk beberapa orang karena berbagai macam alasan dan satu diantaranya adalah karena rematik. Rematik menyebabkan nyeri pada sendi dan akan semakin memburuk jika Anda bergerak atau terlalu menopangkan berat pada bagian alat gerak. Sehingga sebelum Anda lari pagibagi yang menderita rematik, sebaiknya perhatikan hal berikut terlebih dahulu.

Sebelumnya, konsultasikan lebih dahulu dengan dokter Anda apalagi jika Anda menderita rematik yang cukup menyebabkan persendian menjadi semakin nyeri bahkan untuk pergerakan yang tidak terlalu banyak. Setelah dirasa Anda boleh untuk berlari, jangan lupa untuk memilih jalur yang lembut dan hindari jalur yang memiliki permukaan yang keras seperti beton atau aspal. Pilih jalur dimana ada banyak rumput, tanah atau dengan berlari di jalan setapak. Jika Anda memaksa untuk berlari di tempat yang permukaannya keras seperti beton yang memiliki tingkat kekerasan 10x lebih keras dari aspal, bisa memperburuk kondisi sendi Anda.

Kedua adalah sebelum berlari pastikan jika Anda sudah melakukan peregangan dan pemanasan. Tidak hanya untuk penderita rematik yang ingin lari paginamun juga untuk semua orang dengan kondisi badan yang sehat. Dengan peregangan dan pemanasan bisa membantu untuk merenggangkan otot dan sendi sehingga tubuh tidak kaget dan nyeri saat bergerak. Selain itu, Anda juga bisa mandi dengan air hangat agar tubuh, termasuk otot dan sendi menjadi rileks.

 Baca Juga: MENILIK BEBERAPA KESALAHAN YANG HARUS DIHINDARI SAAT MELAKUKAN LARI PAGI AGAR TIDAK CIDERA

Ketiga adalah dengan mengkombinasikannya dengan latihan kekuatan. Anda bisa melakukan selang-seling saat berlari dan berlatih di gym. Melatih kekuatan di gym atau sendiri misalnya dengan menggunakan air mineral 1 literan sebagai pengganti barbel di rumah, untuk melatih sendi dan otot yang ada di tangan. Namun, sebaiknya Anda menggunakan jasa instruktur saat Anda berlatih kekuatan otot dan sendi di gym untuk mengurangi hal yang tidak diinginkan.

Keempat adalah tetap rileks dan jangan memaksakan diri. Masing-masing orang memiliki ketahanan diri yang berbeda-beda sehingga Anda harus menyesuaikan diri dengan kondisi tubuh Anda. Jaga kecepatan Anda, dan jika Anda merasa lelah bahkan setelah minum, Anda bisa berjalan santai dan tidak memaksakan diri. Terlalu memaksakan diri justru akan sangat berbahaya tidak hanya untuk jantung, tubuh, namun juga untuk sendi karena resiko peradangan otot dan sendi juga akan semakin tinggi. Untuk membuat tubuh Anda menjadi lebih rileks, Anda bisa mendengarkan musik saat lari pagiSetelah lari di pagi hari, jangan lupa untuk melakukan pendinginan sehingga tubuh bisa beradaptasi lagi misalnya membuat detak jantung untuk kembali normal.

 

Spread the word. Share this post!