Langkah-langkah Menghilangkan Bau Badan dengan Mudah

Tanpa diketahui, pada dasarnya tubuh Anda mempunyai jutaan kelenjar keringat. Biasanya, keringat tersebut tak menimbulkan bau. Walaupun tidak menimbulkan bau, ternyata ada orang yang mengalami bau badan. Namun, Anda tak perlu cemas karena ada beberapa acara untuk menghilangkan bau yang membandel ini.

Langkah-langkah Menghilangkan Bau Badan dengan Mudah

Bau yang cukup menganggu ini bisa muncul ketika tubuh tercampur dengan bakteri, bakteri-bakteri tersebut kemudian berkembangbiak. Bau ini adalam pemecahan protein keratin yang dilakukan oleh bakteri dalam tubuh.

Mengusir Bau Menggunakan Deodoran

Berkeringat merupakan fungsi tubuh normal serta membantu mengatur suhu  tubuh. Sebenarnya, ini adalah keadaan normal, namun berkeringat dalam jumlah yang berlebihan bisa mengindikasikan malah medis di diri Anda. Mungkin Anda pernah mengalami bau ketiak, namun mengapa ketiak bisa mengeluarkan bau? Hal tersebut disebabkan karena ketiak adalah daerah yang umum berkeringat.

Tak hanya ketiak, bagian tubuh lainnya seperti telapak tangan, wajah dan telapak kaki juga sering berkeringat. Kelenjar keringat terbagi menjadi 2 yakni ektrin dan apokrin. Bagian ketiak mempunyai kelenjar yang cukup banyak, kelenjar tersebut merupakan jenis apokrin. Kelenjar ini melepaskan keringat yang lebih berat serta mengandung lemak, sehingga membawa bau yang berbeda. Inilah penyebab munculnya bau ketiak yang dialami seseorang. Bila Anda memiliki bau ketiak, Anda bisa menggunakan deodoran setelah mandi di bagian ketiak untuk mengontrol keringat dan mengurangi bau, selain itu usahakan secara teratur mencukur bulu ketiak, mencukur bulu ketiak memungkinkan keringat menguap dengan lebih cepat dan memberi bakteri yang lebih sedikit ketika memecah protein.

Menghilangkan Bau Badan

Entah di ketiak atau pun di badan, bau ini sama-sama membuat malu saat harus berada di tengah pertemuan penting atau duduk berdampingan dengan seseorang, selain itu bau badan juga bisa menurunkan rasa percaya diri. Perlu diketahui jika bau badan tak memandang jenis kelamin dan usia karena semua orang bisa mengalaminya. Tetapi, ada beberapa orang yang memiliki risiko lebih tinggi mengalami bau ini seperti pria, orang menderita obesitas hingga mereka yang sudah menapai pubertas.

Berikut kiat-kiat mengatasi bau badan, antara lain:

  • Mencoba teknik relaksasi. Anda bisa mencoba teknik relaksasi seperti meditasi, yoga, hingga teknik untuk mengontrol detak jantung. Hal ini bisa mengontrol stres yang memicu keringat.
  • Batasi asupan makanan pedas. Makanan pedas bisa menyebabkan keringat keluar secara berlebihan.
  • Gunakan pakaian yang bersih. Pastikan mencuci pakaian secara teratur, dan disarankan menggunakan yang sesuai dengan aktivitas. Pilih bahan seperti sutra, wol dan katun.
  • Setelah mandi, usahakan segera mengeringkan tubuh dengan baik, pastikan daerah yang sering mengeluarkan keringat sudah kering secara sempurna, bagian tubuh yang tidak dikeringkan dengan baik bisa memunculkan bakteri dan menyebabkan bau pada tubuh.

Spread the word. Share this post!