Lobak Si Sayuran Sehat

Lobak adalah salah satu jenis umbi-umbian yang masuk dalam famili Cruciferae. Tanaman yang memiliki nama latin Raphanus sativus L. ini juga termasuk jenis sayuran yang baik untuk dikonsumsi karena dapat mencegah berbagai penyakit sehingga dapat menjadi solusi hidup sehat. Mungkin sebagian dari kita tidak terlalu menyukai Sayuran sehat lobak ini karena rasanya yang memang tidak terlalu enak untuk dikonsumsi. Tetapi, lobak ternya memiliki banyak manfaat yang berguna untuk tubuh kita. Manfaat yang didapat dari lobak adalah :

  • Membunuh parasit di dalam tubuh

Lobak dapat membunuh pertumbuhan jamur yang tidak terkendali di dalam tubuh. Dalam lobak terdapat enzim seperti diastase, amylase, mirosinase, dan esterase yang berguna untuk membunuh jamur-jamur serta parasit yang pertumbuhannya berlebihan. Mengonsumsi lobak secara rutin dapat membunuh parasit dalam tubuh.

  • Mengobati asma

Mengonsumsi lobak dapat menjadi solusi terbaik untuk mengatasi asma. Hal ini dikarenakan lobak memiliki kandungan anti-inflamasi dan antioksidan yang membantu menyembuhkan asma. Tapi, agar mendapatkan hasil yang maksimal, tentunya kita harus mengonsumsi lobak secara teratur setiap hari.

  • Baik untuk pencernaan

Lobak adalah jenis sayuran yang kaya akan kandungan serat. Karena itu, lobak mampu mendorong sistem pencernaan dan menjaga usus halus serta usus besar agar selalu sehat. Jadi, mengonsumsi lobak dapat menjadi solusi masalah pencernaan.

  • Mengatasi kulit kering

Kandungan seperti vitamin C, vitamin B complex, fosfor, dan zinc pada lobak putih sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan kulit. Kandungan air yang cukup banyak di dalam lobak putih juga akan membuat kulit menjadi lebih lembab dan sehat. Apabila lobak putih dijus atau dihaluskan, dapat berguna sebagai pembersih alami untuk wajah.

  • Menstabilkan tekanan darah

Mengonsumsi lobak juga dapat menjadi cara terbaik untuk anda yang ingin menstabilkan tekanan darah. Pasalanya, lobak kaya akan kandungan magnesium dan vitamin B yang membantu menstabilkan tekanan darah.

  • Mengempiskan jerawat

Kita dapat menjadikan lobak sebagai masker untuk mengempiskan jerawat. Cukup parut lobak, kemudian bubuhkan ke wajah. Tunggu beberapa saat hingga kering, lalu bersihkan dengan air.

  • Menghilangkan ketombe

Gunakan masker lobak putih pada rambut ketika malam hari. Biarkan semalaman, kemudian bilas pada pagi hari. Dengan gitu, ketombe yang membandel akan hilang dengan sendirinya.

  • Membantu menurunkan berat badan

Memakan lobak dapat membuat kita cepat kenyang dan ini akan membuat kita mengurangi jumlah asupan makanan yang masuk. Lobak akan mengurangi rasa lapar tanpa memberikan asupan kalori yang berlebihan. Lobak juga rendah kandungan karbohidrat dan banyak kandungan airnya.

Itulah beberapa manfaat yang dapat kita ambil dari sayuran sehat yang bernama lobak.

Spread the word. Share this post!