Makanan Bergizi untuk Sehatkan Tubuh Selama Musim Hujan

Musim penghujan kini telah tiba. Selain ancaman banjir untuk beberapa daerah, ancaman penyakit juga mengintai sehingga Anda wajib mulai waspada. Salah satu wabah yang kerap ada adalah penyakit flu yang termasuk golongan penyakit ringan namun sebetulnya sangat mengganggu. Belum lagi kondisi tubuh yang menurun dan gangguan lainnya. Selama musim penghujan, ada baiknya jika Anda selalu menjaga kondisi tubuh dan makan makanan bergizi sehingga tubuh bisa tetap sehat hadapi musim hujan.

Mungkin banyak di antara Anda yang penasaran mengapa musim hujan selalu erat kaitan dengan flu. Ya, hal ini lantaran ketika musim hujan tiba, udara menjadi lebih dingin dibanding biasanya. Ketika kondisi udara dingin seperti ini, maka virus flu pun membentuk lapisan keras sehingga mudah tersebar ketika suhu dingin. Virus inilah yang mampu mencair di tubuh dengan mudah dan kemudian menginfeksinya. Tentu Anda tidak mau musim hujan menjadikan kondisi tubuh menurun bukan? Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda lakukan:

  • Cuci tangan

Hal sederhana yang kerapkali banyak dilupakan orang adalah cuci tangan. Perintah cuci tangan sebelum Anda makan mungkin sudah bosan didengar. Memang simpel, namun ternyata aktivitas simpel ini mampu meminimalisir penyebaran kuman yang aktif ke tubuh Anda dimana awal mula kuman banyaknya berasal dari tangan. Cuci tangan dengan benar sesuai anjuran memakai sabun sehingga kuman yang menempel bisa terbasuh.

  • Hindari banyak menyentuh wajah

Virus flu mudah sekali masuk dari mata, hidung hingga mulut, apalagi jika Anda belum cuci tangan. Oleh karena itu hindari banyak menyentuh wajah Anda karena bisa menyebabkan kuman masuk.

  • Olahraga

Tak dapat dipungkiri jika kini olahraga sudah banyak ditinggalkan karena kesibukan. Namun jika Anda memang serius ingin sehat, maka aktivitas olahraga ini wajib dijadikan sebagai gaya hidup. Luangkan waktu Anda seminggu dua kali untuk olahraga misalnya jogging, aerobik dan masih banyak lagi pilihan olahraga lainnya.

  • Makan makanan bergizi

Konsumsi makanan sehat juga jadi langkah yang tidak boleh Anda tinggalkan sehingga mampu meningkatkan kekebalan pada tubuh. Sayur dan buah menjadi makanan pokok yang tidak boleh untuk ditinggalkan. Sayuran dengan warna warni harus jadi santapan harian dan jangan lupa tambah konsumsi protein misalnya telur dan ikan.

Itulah beberapa tips tetap sehat meski di musim penghujan. Selain itu jangan lupa untuk selalu imbangi makan makanan bergizi, minum air putih cukup, tidur sesuai anjuran dan bila perlu Anda bisa vaksin flu sehingga bisa lebih kebal lagi. Memulai hidup sehat tidaklah sulit, hanya memang butuh usaha lebih dan konsisten dalam melakukannya. Jaga kesehatan diri dan keluarga selalu meski musim terus berganti.

 

Spread the word. Share this post!