Makanan Diet Untuk Penderita Kolestrol Tinggi

Makanan diet – Penyakit kolestrol tinggi, kadang disebabkan oleh gaya hidup dan pola makan yang salah. Sehingga banyak masyarakat yang menderita kolestrol tinggi. Menurut para pakar, di dalam darah kita terdapat 2 jenis kolestrol, baik dan jahat. Nah, Anda disarankan untuk tetap menjaga keseimbangan 2 jenis kolestrol tersebut, baik dan jahat. Jangan sampai kolestrol jahat di dalam Anda lebih tinggi seperti biasanya, maka akan menjadi kendala penyakit tentunya.

Makanan diet  yang sehat dan tepat sesungguhnya bisa  membantu dalam menurunkan keinginan berlebihan terhadap makanan yang mempunyai kandungan kolesterol tinggi, dan menurunkan kolesterol jahat.

Di bawah ini adalah makanan diet yang tepat untuk penderita kolestrol tinggi:

  • Beras dan Biji-bijian, kacang-kacangan

Tiga jenis makanan tersebut bebas kolesterol adalah merupakan jenis makanan bebas kolesterol yang kerap sering Anda temui di pasar dan bahkan menjadi makanan pokok di Indonesia.  Beras, biji-bijian dan kacang-kacangan mempunyai kandungan pati dan hanya memiliki sedikit atau tidak ada kolesterol di dalamnya.

  • Kentang

Kentang juga sudah dikenal sebagai salah satu makanan free dari kolestrol. Seperti roti dan kacang, meskipun kita harus berhati-hati bagaimana kentang siapkan, karena kebanyakan kentang disajikan dalam bentuk kentang goreng yang memiliki kandungan kolesterol yang rendah, tetapi tinggi lemak. Jika Anda saat ini memiliki kadar kolestrol tinggi dan ingin mencicipi makanan yang terbuat dari kentang sebaiknya adalah kentang panggang, atau kentang goreng.

  • Jamur

Jamur juga cocok sebagai makanan untuk para penderita kolesterol. Karena makanan satu ini bebas kolesterol. Secara tersendiri jamur bisa menjadi makanan untuk penderita kolesterol tinggi asalkan tidak ada pencampuran bahan yang mengandung lemak dalam penyiapan ataupun penyajian.

Baca Juga:  INFO MAKANAN DIET: 3 JENIS KATEGORI BUAH-BUAHAN YANG LAYAK DIKONSUMSI UNTUK DIET

  • Ikan

Ikan adalah makanan untuk penderita kolesterol. Banyak ikan air tawar yang tinggi asam lemak omega-3, yang dapat membantu menurunkan kolesterol. Ada banyak jenis ikan yang memiliki manfaat hampir sama. Perhatikan juga cara pengolahannya yang terbaik adalah ikan kukus dan panggang, hindari mengolah ikan dengan cara digoreng.

  • Bawang

Bawang merah, seperti halnya bawang putih, mengandung antioksidan. Bahan-bahan ini tentu saja akan menjadi bumbu dalam masakan baik berupa tumis, panggang atau dimasak dengan cara lain, tapi bawang mentah memiliki kadar nutrisi tertinggi yang baik untuk jantung sehat.

  • Tahu

tahu penurun kolesterol Tahu bukanlah pilihan utama sebagai makanan untuk penderita kolesterol tinggi, namun ketika itu dimasak dengan benar, dapat menjadi pengganti yang baik untuk daging di banyak hidangan. Tahu yang memiliki struktur seperti spons, dapat menyerap rempah-rempah, bumbu-bumbu dan menambah kekayaan hidangan serta menciptakan rasa enak dalam setiap hidangan

Spread the word. Share this post!