Makanan Sehat: Manfaat Jambu Air Untuk Kesehatan

Makanan Sehat: Manfaat Jambu Air Untuk Kesehatan – Selain jambu biji yang memiliki kandungan vitamin c yang banyak, Jambu air juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Selain memiliki kandungan air yang banyak untuk mengatasi rasa haus saat udara panas, ternyata Jambu air juga merupakan sumber vitamin C dan A, serat, kalsium, tiamin, niasin dan juga zat besi. Berdasarkan beberapa kandungan vitamin dalam Jambu air, sudah tentu Jambu air memiliki manfaat yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Di Bawah ini akan dibahas beberapa manfaat Jambu air untuk kesehatan yang masih jarang sekali diketahui banyak orang.

  • Mengontrol Diabetes

Jambu air tenyata memiliki kandungan glukosa yang sering disebut jamboline. Jamboline ini dapat dikeringkan dan ditumbuk, kemudian ditambahkan air untuk kemudian di minum oleh pasien diabetes.

  • Mengatasi Diare dan Perut Kembung

Kadar air dalam jambu air ini mencapai 93% dan mengandung banyak serat, sehingga sangat baik untuk mengatasi masalah pencernaan dan perut kembung.

  • Membantu mendinginkan tubuh saat cuaca panas

Tingginya kadar air dalam Jambu air sangat membantu untuk menurunkan suhu tubuh selama cuaca panas atau saat mengalami demam. Jambu air juga dapat mencegah stroke dan dehidrasi yang disebabkan karena suhu tubuh yang tinggi. Selain itu kandungan air dalam buah ini juga dapat meningkatkan mood baik bagi orang yang mengkonsumsinya.

  • Melawan infeksi yang disebabkan oleh jamur

Senyawa organik yang ditemukan dalam jambu air diketahui dapat melawan infeksi jamur dan mikroba lainnya. Hal tersebut juga membantu membunuh mikroba berbahaya dan cacing yang mungkin masuk dalam saluran pencernaan Anda.

  • Mengurangi resiko kanker payudara dan kanker prostat

Jambu air dapat membantu mencegah kanker dan melawan radikal bebas. Dengan rajin mengkonsumsi jambu air ini dapat mengurangi resiko ke-dua penyakit yang berbahaya ini.

Baca Juga: CARA DIET SEHAT UNTUK IBU HAMIL

  • Menurunkan kadar kolestrol jahat dalam tubuh

Semua serat dan nutrisi yang terkandung dalam jambu air dapat membersihkan pembuluh darah dari tingginya kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Hal tersebut dapat mencegah pembentukan plak di pembuluh darah, yang pada akhirnya dapat membuat jantung lebih sehat dengan mengurangi beban pada jantung dan mencegah serangan jantung, stroke dan komplikasi lainnya.

  • Antioksidan dan meningkatkan kesuburan

Kandungan vitamin C dalam Jambu air berperan penting untuk memperbaiki jaringan sel-sel tubuh yang rusak khususnya sebagai perawatan kulit, menjadikan kulit tampak lebih segar dan peredaran darah lancar. Selain itu, Jambu air juga dapat membantu memperbaiki sel-sel sperma yang telah rusak.

Inilah beberapa manfaat jambu air untuk kesehatan tubuh Anda yang termasuk makanan sehat. Mulailah rutin untuk mengkonsumsi jambu air agar kesehatan kita tetap terjaga.

Spread the word. Share this post!