Makanan Sehat Yang Mampu Menjaga Metabolisme Tubuh

Asupan makanan adalah salah satu faktor penentu bagi kesehatan anda. Hal ini disebabkan oleh sistem metabolisme tubuh kita yang bukan hanya dipengaruhi oleh gerak tubuh, melainkan juga dari nutrisi-nutrisi yang diserap oleh tubuh. Oleh karenanya, untuk menjaga keseimbangan metabolisme tersebut, kita disarankan untuk menerapkan kebiasaan berolahraga dan mengkonsumsi makanan-makanan sehat. Makanan sehat tersebut tentunya ialah makanan-makanan yang memiliki kadar vitamin dan zat-zat berkhasiat dengan kadar tertentu. Berikut ini adalah beberapa makanan sehat yang bisa menjadi rekomendasi makanan harian anda.

  • Kedelai

Sudah sejak lama kedelai diketahui memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan manusia. Oleh sebab itu, banyak orang dari berbagai negara yang menjadikan kedelai sebagai makanan pokok sehari-hari. Contohnya ialah Indonesia. Setiap harinya, 80% produksi kedelai Indonesia menjadi konsumsi utama masyarakat Indonesia. Hal ini terbukti dari kedelai yang terjadi menjadi olahan tahu dan tempe untuk makanan. Bahkan, kedelai juga diolah menjadi minuman sari kedelai. Tentunya, konsumsi kedelai secara rutin mampu menjaga metabolisme tubuh kita menjadi tetap seimbang. Hal ini dikarenakan kedelai mengandung beberapa zat omega 3 yang sangat bermanfaat bagi proses kerja otak. Jadi, kedelai sangat disarankan bagi mereka yang ingin meningkatkan kecerdasan otak.

Baca Juga: Makanan Sehat Untuk Diet Mayo

  • Brokoli

Banyak sekali anak-anak yang sangat benci dengan salah satu jenis sayuran hijau ini, ya, brokoli. Hal ini sungguh ironis, karena brokoli ternyata mengandung banyak zat-zat yang sangat bermanfaat bagi proses pertumbuhan metabolisme anak. Brokoli mengandung beberapa vitamin, yaitu vitamin A dan Vitamin C. Dua vitamin yang sering terdapat pada wortel dan jeruk ini ternyata juga memilki fungsi sebagai penjaga proses metabolisme. Selain itu, brokoli juga memiliki kandungan potassium dan kalsium yang tinggi. Kandungan tersebut sangatlah bermanfaat bagi proses pertumbuhan anak-anak. Oleh karenanya, brokoli menjadi salah satu sayuran yang sangat penting bagi anak-anak.

  • Bayam

Jika anda pernah menonton film kartun Popeye, anda barangkali akan bertanya-tanya apakah kekuatan Popeye dari mengkonsumsi bayam itu benar? Jawabannya kurang lebih benar. Meskipun untuk mendapatkan kekuatan tubuh seperti Popeye juga harus dimbangi dengan berolahraga. Bayam memang memiliki banyak manfaat yang sangat baik bagi metabolisme tubuh kita. Zat besi dan magnesium adalah beberapa zat yang terkandung pada bayam. Setiap harinya, tubuh manusia kehilangan zat besi dan magenesium dalam proses peleburan energi. Sehingga pada beberapa waktu metabolisme tubuh kehilangan beberapa elemennya. Oleh karenanya, zat besi dan magnesium dalam bayam baik sekali untuk mendukung proses kerja metabolisme tubuh kita. Namun yang perlu diingat ialah, bayam yang dimasak hanya boleh dikonsumsi dalam rentang waktu 7 jam saja. Sebab, setelah melewati rentang waktu ini, bayam justru menghasilkan zat toksin yang sangat berbahaya bagi tubuh manusia.

Berikut tadi adalah empat tiga makanan sehat yang bisa rutin dikonsumsi guna mendukung daya kerja metabolisme kita. Karena kesehatan itu mahal, maka rasanya memulai melakukan kebiasaan makanan sehat adalah sebuah kewajiban.

Spread the word. Share this post!