Manfaat Mengejutkan Ketika Konsumsi Alkohol

Alkohol merupakan salah satu minuman yang memabukkan dan sebaiknya dihindari karena bisa merusak kesehatan misalnya menimbulkan kerusakan pada hati. Akan tetapi, konsumsi alkohol dengan jumlah yang terbatas, tidak sampai mabuk misalnya hanya 1 gelas per harinya atau untuk wine sekitar 150 ml per harinya, memiliki manfaat yang bagus untuk kesehatan.

Pertama adalah dapat membantu untuk menjaga kesehatan jantung. Berdasarkan pada penelitian dari Harvard School of Public Health yang melibatkan lebih dari 100 studi prospektif, dengan minum alkohol sewajarnya bisa membantu untuk menurunkan penyakit jantung hingga 40%. Selain itu, peneliti dari Mediterranean Neurological mengemukakan jika mengkonsumsi bir sewajarnya dapat mengurangi resiko penyakit jantung hingga 25%. Batas konsumsi bir yang bagus adalah 1,3 liter untuk pria dan 0,65 liter untuk wanita. Alkohol yang dikonsumsi sewajarnya juga bisa untuk meningkatkan kadar kolesterol baik dan menurunkan kolesterol jagat serta mengurangi penyumbatan arteri.

Konsumsi alkohol juga memiliki manfaat untuk melawan penyakit neurodegenerative. Bir mengandung vitamin B yaitu thiamin dan riboflavin serta mineral lainnya yang lebih banyak dibandingkan dengan wine ataupun cier karena terbuat dari perbedaan bahan pembuatannya yaitu jelai atau hops/pucuk pohon cemara. Berdasarkan pada penelitian di Cina, hop mengandung antioksidan dan antikanker dalam xanthohumol untuk memperlambat perkembangan dari penyakit neurodegenerative.

Baca Juga: Kumpulan Artikel Tips Gaya Hidup Sehat

Ketiga adalah baik untuk kesehatan ginjal dan dapat menurunkan resiko hingga 41% jika mengkonsumsi bir dan 31% jika mengkonsumsi wine. Pengonsumsian yang sewajarnya dapat menurunkan resiko terjadinya batu ginjal. Keempat adalah membantu untuk menjaga kesehatan dan mulut jika Anda mengkonsumsi vodka. Vodka mempunyai kadar alkohol yang tinggi jika dibandingkan dengan jenis minuman yang lain sehingga minuman ini mempunyai tingkat antibakterial yang bagus sehingga bisa menjadi obat kumur alternatif yang bisa membunuh bakteri di mulut. Anda bisa menambahkan batang cengkeh, daun mint atau kayu manis untuk meningkatkan kesegaran dari minuman beralkohol tersebut.

Manfaat lainnya dari  alkohol adalah:

  • Membantu untuk meningkatkan daya kerja otak. Menurut penelitian dari Loyola University, peminum minuman keras dengan batas wajar bisa menurunkan kerusakan kognitif hingga 23% sehingga membantu untuk terhindar dari penyakit demensia, alzaimer dibandingkan dengan orang yang tidak mengkonsumsinya. Studi lain dari Consciousness and Cognition juga menunjukkan jika pengonsumsian alkohol dalam jumlah sewajarnya bisa membantu untuk meningkatkan fungsi pemecah masalah atau creative thinking. Hal tersebut dibuktikan jika pria yang mengkonsumsi vodka cranberry hingga tingkat alkohol darah mencapai 0,75% dapat memecahkan masalah kreatif lebih cepat dibandingkan yang tidak mengkonsumsi nya.
  • Wine membantu memelihara kesehatan mata, mencegah flu dan masuk angin sesuai dengan studi yang dilakukan Oregon Health&Sciecne University terhadap kera makaka.

Jadi, alkohol dapat memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh Anda namun dengan catatan tidak konsumsi alkohol secara berlebihan.

Spread the word. Share this post!