Manfaat Olahraga Lari, Ternyata Dapat Turunkan Risiko Segala Macam Penyakit Loh!

Manfaat Olahraga Larisalah satu jenis olahraga yang paling mudah dan sekaligus murah ialah olahraga lari. Selain mudah dan murah olahraga lari juga sangat bermanfaat bagi tubuh. Misalnya saja dapat membantu melancarkan aliran darah, meningkatkan kesehatan dan kebugaran tubuh. Jadi tidak ada alasan untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar harus dengan berolahraga yang mahal. Dengan berlari pun anda bisa mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar.

Manfaat Olahraga Lari, Ternyata Dapat Turunkan Risiko Segala Macam Penyakit Loh!

Berikut ini akan dipaparkan manfaat dari olahraga lari yang konon dapat membantu menurunkan risiko dari segala macam penyakit. Bukan hanya itu juga dengan rutin melakukan olahraga lari juga dapat membantu mengeluarkan hormone dan enzim yang dapat merangsang jantung dan otot dapat bekerja menjadi lebih baik. Lalu apa saja manfaat llain dari olahraga ari bagi tubuh?

  • Membantu mengurangi berat badan berlebih

Ya, memang sudah menjadi jawaban jika dengan berolahraga lari atau jogging secara teratur dapat membantu proses pembakaran kalori dalam tubuh. Sangat cocok sekali buat anda yang ingin mengurangi berat badan karena kelebihan kalori dan lemak, anda bisa menjadwalkan olahraga lari.

  • Menjaga kesehatan lutut

Berjalan kaki atau pun berlari dapat membantu memelihara kesehatan lutut loh. Sebuah penelitian juga membuktikan dengan olahraga lari dapat dapat menurunkan risiko arthritis pada lutut dan pinggul, serta merangsang pertumbuhan tulang rawan pada lutut.

  • Membantu pencegahan osteoporosis

Jangan salah sangkah osteoporosis hanya di derita oleh mereka yang sudah berusia lanjut. Sebuah penelitian menemukan remaja yang berusia 20 tahun ke atas juga bisa terserang osteoporosis.

  • Mencegah osteoporosis
    Olahraga lari dapat memicu pembentukan sel-sel tulang baru. Hal ini yang membuat tulang Anda menjadi lebih kuat dan dapat menurunkan risiko terkena osteoporosis di kemudian hari.
  • Mengurangi risiko jantung koroner
    Berlari lebih dari 16 km per minggu setidaknya bisa meningkatkan HDL atau kolesterol baik dalam tubuh Anda. Manfaat lari lainnya yang bisa Anda dapat yaitu, berkurangnya kadar trigliserida dan lemak dalam tubuh. Dan jika Anda bisa meningkatkan jarak lari hingga 80 km per minggu, Anda akan mengalami peningkatan HDL yang signifikan.
    Penelitian menunjukkan mereka yang melakukan olahraga lari teratur dan lebih dari 50 menit dalam seminggu dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular. Selain melakukan olahraga teratur, Anda perlu menunjangnya dengan makanan yang sehat dan gaya hidup yang sehat.

Spread the word. Share this post!