Manfaat Olahraga Muay Thai Bagi Kesehatan Tubuh

Muay Thai, mungkin Anda sering mendengar olahraga kekinian ini. Olahraga yang berasal dari Thailand ini, sekarang memang memiliki tempat tersendiri di hari masyarakat. Gerakan-gerakan ini kemudian dikombinasikan menggunakan gerakan kaki, tangan, dan tubuh yang selalu bergerak menerjang lawan tertentu menjadi sebuah pilihan ilmu bela diri tersendiri bagi para peminatnya. Olahraga Muay Thai ini juga sering dijuluki sebagai Thai Boxing.

Manfaat Olahraga Muay Thai Bagi Kesehatan Tubuh

Sejarah Olahraga Muay Thai

Awalnya, di Kerajaan Thai mempunyai sebuah metode pertempuran tangan kosong yang disebut dengan Muay Baron (Tinju Kuno). Dulunya metode ini digunakan oleh tentara kerajaan yang kehilangan senjata saat peperangan sehingga mengharuskan mereka untuk tetap bertarung menggunakan tangan kosong. Kata “muay thai” sendiri berasal dari bahasa Sansekerta, yakni Mavya yang berarti tinju bela diri. Sementara kata “Thai” sendiri berasal dari nama suku di negeri Thailand. Meskipun awalnya hanya digunakan di medan perang, seiring perkembangan zaman, pada abad ke 18 Masehi, Muay Thai menjadi salah satu cabang olahraga yang popular di negeri Thailand.

Manfaat Olahraga Muay Thai

Selain bermanfaat untuk menjaga diri dari tindakan kejahatan, ternyata olahraga Muay Thai juga memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh, seperti:

  • Kaki menjadi lebih kuat, karena sebagian besar teknik Muay Thai, kaki adalah salah satu bagian tubuh yang melakukan berbagai teknik bertarung. Gerakan-gerakan kaki ini dapat memperkuat otot-otot bagian bawah, termasuk kaki.
  • Menguatkan tulang kering. Umumya tulang kering lebih sensitive terhadap benturan benda keras, dengan berlatih Muay Thai, bagian ini menjadi lebih kuat.
  • Memperkuat sistem imun tubuh, dan tahan terhadap berbagai penyakit.
  • Menjaga kesehatan mental dengan menciptakan keberanian dari disiplin diri dan latihan keras.
  • Membentuk pinggul dari gerakan lutut dan berbagai tendangan yang dilakukan dengan sungguh-sungguh.
  • Membuat kulit bercahaya. Gerakan-gerakan yang gesit pada Muay Thai memungkinkan seseorang untuk memproduksi keringat dalam jumlah banyak. Keringat yang merupakan hasil ekskresi ini mampu membawa kotoran-kotoran dalam kulit sehingga kulit nampak lebih cerah dan bercahaya.
  • Meningkatkan stamina dengan melakukan Muay Thai secara rutin. Teknik-teknik seperti tendangan, pukulan, lompatan, dan teknik sapuan kaki harus Anda lakukan secara rutin.
  • Menjaga berat badan. Jika Anda sedang dalam proses diet, olahraga Muay Thai akan memberikan progress yang signifikan. Andaikata berat badan sudah ideal, Anda tetap bisa melakukan olahraga ini dengan tujuan menjaga keseimbangan berat badan.

Dengan melakukan latihan secara teratur, kita akan memperoleh manfaat-manfaat di atas. Olahraga ini telah masuk dan berkembang di Indonesia. Pertama kalinya dikenalkan oleh Dody Karya yang juga merupakan guru pertama dari hampir seluruh pelatih dan atlet professional Muay Thai di Indonesia. Jika Anda menginginkan manfaat-manfaat dari olahraga Muay Thai, tidak ada salahnya untuk mendalaminya secara sungguh-sungguh.

Spread the word. Share this post!