Manfaat Senam Pagi yang Tidak Banyak Diketahui

Senam menjadi salah satu olahraga yang tidak banyak dipilih oleh anak muda karena alasan tertentu misalnya karena yang banyak melakukan senam pagi adalah orang tua. Akan tetapi, senam yang dilakukan di pagi hari, memberikan manfaat tersendiri apalagi jika dilakukan dengan rutin. Pertama adalah meningkatkan kebugaran fisik dan meningkatkan sistem imun sehingga tidak mudah terserang penyakit. Gerakan senam yang dinamis menyebabkan tubuh memproduksi hormon adrenalin yang membuat jantung berdetak lebih cepat. Saat senam juga terjadi pergerakan di seluruh bagian tubuh sehingga otot bisa bekerja dan resiko cidera persendian atau otot.

Kedua adalah membantu untuk menghambat proses penuaan. Karena manfaat ini, tidak jarang jika melihat banyaknya peserta yang ikut senam, baik di pagi atau sore hari adalah orang tua. Pada gerakan senam, membuat sistem peredaran darah menjadi lebih lancar sehingga oksigen dan nutrisi yang disalurkan oleh darah bisa tersalurkan secara maksimal ke seluruh tubuh. Apabila peredaran tersebut lancar, maka setiap bagian tubuh mendapatkan pasokan oksigen dan nutrisi esensial sehingga menyebabkan tubuh tidak hanya bugar namun juga lebih segar, muda dan bergairah.

Ketiga adalah membantu menyeimbangkan osteoblast dan osteoclast. Penyeimbangan osteoblast dan osteoclast dari senam pagimenyebabkan Anda terhindar dari resiko penyakit tulang seperti osteoporosis. Osteoblast sendiri merupakan sel untuk memecah matriks tulang yang sudah mati dan menyerap kalsium di dalamnya untuk nantinya diubah jadi tulang yang baru. sedangkan osteoclast merupakan sel untuk membentuk tulang dari jaringan ikat membran dan tulang rawan.

 Cari tau selengkapnya tentang seputar dunia senam hanya di tokolahraga.com

Keempat adalah membantu untuk menurunkan berat badan. Sama seperti manfaat olahraga lainnya, jika Anda melakukan senam di pagi hari terutama dengan musik yang menghentak dan gerakan yang cepat dan tegas menyebabkan tubuh menjadi lebih mudah berkeringat. Akibatnya, tubuh menjadi lebih banyak untuk membakar kalori yang bisa membantu untuk menurunkan berat badan namun juga membantu proses oksidasi pada tubuh sehingga racun bisa terbuang lewat keringat yang dihasilkan.

Kelima adalah menciptakan perasaan yang bahagia. Salah satu manfaat dari olahraga, termasuk senam pagiadalah membuat Anda menjadi lebih bahagia. Lewat gerakan yang dilakukan oleh tubuh saat sedang melakukan senam, maka melepas hormon yang disebut dengan hormon endorphin. Hormon tersebut merupakan hormon yang bermanfaat untuk meningkatkan imunitas, mengurangi stress, meningkatkan dan memperbaiki mood serta meningkatkan daya konsentrasi dan daya ingat. Jadi, untuk mendapatkan kelima manfaat dari senam yang dilakukan di pagi hari tersebut, jangan lupa untuk melakukan senam dengan hati yang tidak terpaksa serta pilih senam yang sesuai dengan Anda misalnya senam yang diiringi dengan lagi yang cukup menghentak sehingga Anda bisa melepas stress dan keringat lebih banyak.

 

Spread the word. Share this post!