Membudayakan Gaya Hidup Sehat Sebagai Upaya Preventif Pencegah Penyakit

Berdasarkan keterangan WHO (organisasi kesehatan dunia), budaya hidup sehat dapat meningkatkan risiko kesehatan yang tinggi. Hal ini disebabkan oleh faktor produksi makanan yang tidak diperhatikan serta meningkatnya angka urbanisasi yang memicu pengkonsumsian makanan secara tidak teliti. Penting bagi setiap orang untuk menerapkan gaya hidup sehat sebagai langkah preventif menghindari munculnya penyakit, seperti diabetes, penyakit jantung, dan kanker.

Membudayakan Gaya Hidup Sehat Sebagai Upaya Preventif Pencegah Penyakit

Berikut beberapa hal yang menjadi langkah awal untuk memulai sebuah gaya hidup sehat, antara lain:

Memperbaiki Waktu Tidur

Tidur adalah sebuah upaya mengistirahatkan organ badan dari aktivitas sehari-hari. Hindari aktivitas-aktivitas yang membuat mata terjaga semalaman, seperti menonton TV hingga larut, ataupun bermain game di ponsel. Waktu tidur untuk orang dewasa yang dianjurkan adalah 7 jam sehari. Waktu tidur ini usahakan diantara pukul sembilan malam dan enam pagi untuk membuat tubuh bugar. Untuk memudahkan mata terlelap, biasakan untuk mematikan TV maupun laptop 2 jam sebelum tidur. Juga bisa dengan mandi air hangat serta menghindari olahraga sebelum tidur.

Memperbanyak aktivitas fisik dan mengelola stress

Stress tidak bisa dianggap sebagai masalah yang simple. Bahkan Anda bisa terjaga sepanjang malam, dan tidak bisa tidur karena masalah ini. Anda bisa mencoba beryoga untuk mengurangi tingkat stress. Sedangkan kegiatan fisik lain seperti berolahraga juga harus Anda lakukan setidaknya 2 jam dalam seminggu dengan intensitas sedang. Olahraga ini bisa berupa jalan sehat, jogging, ditambah push up dan sit up. Untuk memudahkan manajemen waktu, buatlah jadwal rutin seminggu satu atau dua kali.

Membenahi pola makan

Makanan memang menjadi faktor penting dalam gaya hidup sehat. Setiap makanan yang masuk ke dalam sistem pencernaan akan memberikan dampak pada tubuh itu sendiri. Untuk mengantisipasi kebiasaan buruk, buatlah daftar makanan yang Anda konsumsi. Setelah itu, hilangkan beberapa daftar yang memiliki risiko kesehatan tinggi seperti makanan yang berkalori tinggi, ataupun yang mengandung pengawet pemicu kanker.

Update status kesehatan dan konsultasi jika merasa ada masalah

Anda harus siap siaga ketika merasa ada yang tidak beres dengan badan. Segera temui dokter untuk konsultasi jika dirasa benar-benar ganjil. Mengetahui status berat badan juga menjadi sangat penting terutama bagi Anda yang memiliki kelebihan berat badan.

Memperbaiki kondisi psikis dengan bersosial di lingkungan sekitar

Salah satu gaya hidup sehat yang tidak begitu menjadi perhatian adalah kondisi psikis yang berhubungan dengan kemampuan bersosial di masyarakat. Dengan memperbaiki hubungan dengan orang sekitar, kondisi psikis menjadi sedikit lega. Pasalnya, sebagai manusia kita tidak bisa melakukan segala sesuatu sendiri, ada kalanya kita memerlukan bantuan dari orang di sekitar kita.

Spread the word. Share this post!