Mengenal Madu

Anda tahu lebah? Pasti tahu. Binatang atau hewan yang punya kemampuan terbang dan menyengat ini banyak ditakuti orang. Namun dibalik itu, lebah ternyata menyimpan manfaat yang luar biasa. Hewan kecil ini menghasilkan sesuatu yang sangat bermanfaat. Madu namanya. Dan yakin ini bukan sebuah rahasia lagi, semua orang tahu ini. Tapi sejauh mana anda mengenal madu itu perkara lain. Mungkin tidak sedikit orang yang hanya tahu bahwa madu itu enak dan bermanfaat. That’s it. Nah, oleh karena itu, kita akan ajak anda untuk sepintas mengenal madu.

Mengenal Madu

Madu yang dihasilkan dari lebah atau sarang lebah ini memang terkenal sangat enak. Bisa dikonsumsi langsung atau dikombinasikan dengan minuman atau makanan. Hasilnya sama saja, enak. Jadi cara anda mengkonsumsinya sama saja. Nah seperti yang disebutkan sebelumnya,selain enak, madu juga mempunyai manfaat yang luar biasa. Madu sendiri sebenarnya terdiri dari air dan gula. Nah, dalam komposisi tersebut mengadung beragam nutrisi. Asam amino, antioksidan, vitamin dan mineral merupakan kandungan nutrisi yang terdapat didalamnya. Selain itu terdapat gula alami yang biasa dijumpai pada buah – buahan yaitu sejenis fruktosa. Nah, yang luar biasanya rasa manisnya melebihi pemanis buatan dan mempunyai manfaat yaitu memberikan energi lebih.

Secara umum, madu memiliki manfaat yang luar biasa untuk kesehatan anda. Penggunaannya sebagai obat dalam dunia kesehatan dimulai pada tahun 2000 SM oleh seorang dokter atau tabib di Tiongkok. Dari situ kemudian berkembang sampai sekarang. Madu digunakan dalam berbagai hal yang berkaitan dengan kesehatan. Tentu saja didunia kuliner juga.

Berikut adalah manfaat dari madu untuk dunia kesehatan :

  • Meningkatkan stamina

Mengkonsumsi madu dengan rutin  sama saja dengan memenuhi kebutuhan nutrisi untuk tubuh anda. Dengan demikian maka metabolism tubuh anda akan meningkat. Hal ini otomatis meningkatkan stamina anda.

  • Meningkatkan daya ingat

Short term memory atau suatu keadaan dimana anda mengalami kesulitan untuk mengingat  maka mengkonsumsi madu akan menjadi solusi. Rutinlah minum 20 gram setiap hari untuk mengatasi hal ini.

  • Mengurangi resiko terkena serangan jantung dan kanker

Kandungan antioksidan didalam zat yang yang dihasilkan oleh sarang lebah ini bisa bermanfaat untuk mengurangi resiko terkena serangan jantung dan kanker.

  • Mencegah dan mengobati diabetes

Diabetes atau penyakit gula seharusnya mengurangi konsumsi gula atau yang manis – manis. Tapi yang luar biasa, kandungan fruktosa dan glukosa dari madu justru dapat mengatur kadar gula dalam darah. Dengan begitu bisa berguna untuk mencegah dan mengobati penyakit diabetes.

Sebenarnya masih banyak manfaat – manfaat lainnya dari zat yang dihasilkan oleh sarang lebah ini. Tapi setidaknya ini bisa menjadi gambaran betapa luar biasanya zat ini.

Spread the word. Share this post!