Mengenal Manfaat Durian untuk Kesehatan Tubuh

Harumnya buah durian memang sangat menggoda dan sulit untuk diabaikan. Terlebih kini sudah banyak sekali makanan olahan dari durian yang membuat kian berselera mulai dari pancake durian, brownies durian, es durian dan semuanya yang serba durian. Buah yang berduri ini ternyata tak hanya enak disantap saja, melainkan juga kaya akan mineral dan vitamin sehingga baik bagi kesehatan tubuh. Tentu hal ini menjadi kabar menggembirakan bagi para pecinta durian mengingat banyak sekali mitos yang menyebut jika buah durian banyak mengundang penyakit.

Untuk lebih mengenal manfaat dari buah durian, maka berikut ini beberapa ulasannya:

  • Tinggi antioksidan

Buah durian ternyata memiliki kandungan antioksidan yang kaya. Tentu Anda sudah banyak tahu jika antioksidan banyak dikenal untuk bisa melindungi diri dari radikal bebas yang membahayakan untuk tubuh. Pada dasarnya, radikal bebas adalah molekul yang dapat muncul di tubuh saat Anda merokok dimana tubuh mengurai makanan yang dikonsumsi. Radikal bebas ini bisa mengundang banyak penyakit berbahaya seperti jantung dan kanker.

  • Serat

Manfaat buah durian selanjutnya adalah adanya 3.8 gram serat di dalamnya. Serat ini ada yang berupa serat larut maupun serat tak larut dimana kedua jenis ini mampu membantu pencernaan. Selain itu, serat pun dipercaya bisa menurunkan kadar kolesterol sehingga bagus bagi peredaran darah dan baik untuk menyehatkan jantung Anda.

Baca juga tips untuk menjadikan tubuh agar sehat selalu. Lihat selengkapnya di aladintips.com

  • Kalium

Kalium juga ada di dalam durian dan dipercaya untuk bisa memberi ragam kebaikan dan manfaat kesehatan tubuh. ada 436 mg kalium di dalam durian dan kalium ini bermanfaat untuk bisa menjaga kesehatan otot, cardiovascular, tulang serta menurunkan tekanan darah tinggi.

Durian pun juga dipercaya bisa mengobati ragam penyakit kulit serta membantu mengurangi bengkak. Hal ini bisa dilakukan dengan mengoleskan daging durian ke bagian kulit yang sedang sakit atau bengkak. Namun Anda perlu berhati-hati dalam pemakaiannya ada baiknya jika dikonsultasikan ke dokter lebih dulu. Bahkan ada yang menyebut durian mampu meredakan demam, baik untuk penyakit kuning hingga malaria. Tetapi untuk manfaat tersebut masih butuh diteliti kembali.

Memang durian memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, namun bukan berarti Anda menyantap durian tanpa aturan. Meski memang buah dan segala olahan durian sangat menggoda, tapi jangan sampai mengkonsumsi secara berlebihan mengingat buah durian mampu menimbulkan rasa yang tidak nyaman di perut. Selain itu, penderita diabetes juga perlu lebih waspada dan jangan mengkonsumsi durian karena mampu meningkatkan gula darah secara cepat. Ibu hamil dan menyusui juga butuh konsultasi dengan dokter jika ingin mengkonsumsinya. Buah durian memang bermanfaat, namun Anda juga perlu tahu batasan kapan harus berhenti menyantap kelezatannya demi kesehatan.

 

 

Spread the word. Share this post!