Menilik Beberapa Kesalahan yang Harus Dihindari Saat Melakukan Lari Pagi Agar Tidak Cidera

Olahraga sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh, menjaga berat badan tubuh, memperkuat sistem imun tubuh sehingga tidak mudah sakit. Ada banyak jenis olahraga yang bisa Anda lakukan tanpa perlu pergi ke tempat fitnes untuk membentuk tubuh dan salah satunya adalah lari pagi. Lari yang baik untuk dilakukan pada pukul 04.00-06.00 atau 06.00-09.00 ini bisa membantu untuk meningkatkan kesehatan cardiovascular.

Akan tetapi, kesalahan saat Anda melakukan olahraga lari di pagi hari bisa menyebabkan cidera baik yang terjadi di kaki ataupun di punggung. Umumnya, kesalahan terjadi karena Anda tidak melakukan pemanasan ataupun pendinginan sehingga menyebabkan otot tertarik saat Anda sedang melakukan olahraga. Pemanasan bermanfaat untuk merenggangkan otot sehingga otot tidak kaget dan nyeri saat bergerak serta bisa lebih fleksibel. Sedangkan pendinginan bermanfaat untuk merilekskan otot setelah olahraga apalagi jika Anda berolahraga dengan intensitas tinggi.

Kesalahan pertama saat Anda lari pagiadalah menggunakan sepatu yang salah. Walaupun Anda bisa saja tidak menggunakan sepatu dan memilih untuk lari di medan yang tidak terlalu tajam misalnya di pinggiran pantai, namun, kesalahan saat Anda memilih sepatu lari bisa menyebabkan cidera kaki terutama di bagian engkel. Kedua adalah melangkah terlalu jauh. Dengan melangkah terlalu jauh, bukannya bisa memperbaiki kecepatan ataupun menambah efisiensi, justru bisa lebih menguras tenaga sehingga membuat Anda cepat lelah serta bisa menyebabkan shin splints karena tumit yang salah mendarat.

Ketiga adalah berlari terlalu jauh ataupun terlalu cepat. Untuk pelari pemula apalagi lari yang dilakukan di pagi hari, cara tersebut bukannya membuat tubuh menjadi lebih kuat namun malah terforsir dan bahkan bisa menimbulkan cidera. Cidera yang mungkin terjadi adalah sakit di bagian jaringan lunak belakang tulang yang biasanya terjadi di bagian bawah lutut atau di tulang kering, meradangnya ligamen di bagian paha atau ITB syndrome ataupun cidera lutut.

 Baca juga beberapa tips dan trik agar badan mu sehat selalau, lihat selengkapnya di www.gayahidupterkini.com

Kesalahan lainnya yang harus Anda hindari saat Anda lari pagi ataupun melakukan olahraga lari lainnya misalnya marathon, yaitu:

  • Posisi tangan. Tidak banyak yang menyadari jika posisi tangan mempengaruhi kenyamanan serta efektifitas saat lari. Menaruh tangan di dada bisa menyebabkan bahu serta leher menjadi menegang sehingga justru membuat bagian tersebut menjadi pegal dan tidak nyaman.
  • Kurang minum. Setidaknya bawa air minum saat Anda berlari di pagi hari atau saat Anda lari sore ataupun melakukan latihan lainnya. Kekurangan cairan saat Anda sedang latihan menyebabkan dehidrasi sehingga membuat performa bahkan kesehatan tubuh menurun.
  • Salah dalam berpakaian misalnya yang terlalu terbuka, terlalu tebal atau yang tidak sesuai dengan kondisi cuaca sehingga bisa menyebabkan suhu tubuh terlalu meningkat atau bahkan menurun.
  • Tidak makan dengan benar baik sebelum olahraga ataupun setelah olahraga.

 

Spread the word. Share this post!