Menu Sayuran Sehat untuk Makanan Balita

Ketika Anda memiliki seorang anak yang masih berusia di bawah 5 tahun atau balita, tugas Andalah untuk memastikan asupan gizinya terpenuhi sehingga tumbuh kembangnya tidak terganggu. Makanan sehat bukan berarti makanan yang mahal seperti bubur instan olahan pabrik namun lebih dari itu adalah makanan yang mudah diserap oleh balita dan memenuhi kebutuhan gizinya baik itu karbohidrat, protein, vitamin dan mineral. Untuk kebutuhan karbohidrat dan protein, Anda bisa memberikannya bubur dengan cacahan daging ayam. Namun untuk kebutuhan mineral dan vitamin, terkadang lebih susah karena balita ada yang tidak menyukai sayuran sehat sebagai sumber mineral yang dibutuhkan.

Untuk mensiasati agar balita Anda tidak menjadi pemilih makanan, maka sebaiknya Anda memperkenalkan sayuran dan jenis makanan lainnya sedari dini. Berbagai macam sayur bisa Anda blender atau haluskan sesuai dengan kebutuhan Anak dan mulai mengajarinya makan sedikit demi sedikit. Sebagaimana yang sudah diketahui bahwa sayuran adalah sumber dari banyak mineral dan vitamin seperti:

  • Kalsium.

Kalsium sangat penting untuk pertumbuhan tulang dan gigi anak. pada usia balita, kebutuhan kalsium sangat besar dibandingkan orang dewasa sehingga sebisa mungkin anak-anak banyak mengkonsumsi sayuran yang mengandung banyak kalsium

  • Zat besi.

Zat besi merupakan mineral yang berguna untuk membentuk keping darah. Balita yang kekurangan zat besi bisa mengakibatkan anemia sehingga lesu, rewel dan tidak nafsu makan.

Selain kedua mineral di atas, masih banyak lagi jenis mineral yang dikandung dalam berbagai sayuran sehatBerikut ini adalah contoh-contoh sayuran yang banyak mengandung mineral yang dibutuhkan balita yaitu

  • Bayam.
  • Brokoli.
  • Kubis.
  • Lobak.
  • Wortel.
  • Buncis.
  • Polong.
  • Dsb.

Untuk membuat balita mulai gemar makan sayur, Anda sebagai orang tua bisa mengakalinya dengan menghaluskan sayuran sehingga bisa disuap kan bersama dengan nasi. Ketika anak sudah terbiasa dengan tekstur dan rasanya, maka tak ada kesulitan yang berarti untuk memasukkannya dalam menu anak sehari-hari. dengan semakin dewasa nya balita Anda, sayuran sudah bisa langsung diberikan dengan cara direbus seperti biasa, namun hindari penambahan garam dan penyedap rasa agar anak Anda tidak mendapatkan pengaruh buruk dari kedua zat tersebut.

Itulah jenis sayuran sehat yang bisa dijadikan menu balita Anda untuk memenuhi kebutuhan mineral dan vitamin nya setiap hari. Sangat penting bagi balita untuk makan sayur setiap harinya agar kebutuhan mineral nya yang sedang di masa pertumbuhan terpenuhi dengan baik. Dengan membiasakan makan sayur sedari dini, anak Anda akan tumbuh sebagai anak yang tidak memilih-milih makanan yang bisa mengakibatkan badannya kekurangan mineral tertentu karena kurangnya mengkonsumsi sayur tertentu. Selain itu dengan mengkonsumsi sayur, tubuh anak akan cepat besar karena metabolisme tubuh menjadi lebih mudah dan cepat dengan katalisator mineral yang terdapat pada sayuran.

 

Spread the word. Share this post!