Olahraga Lari, Murah Dan Banyak Manfaat

Olahraga Lari merupakan olahraga yang paling murah dan paling simple. Dimanapun, kapanpun dan tidak perlu menggunakan media alat untuk mendukungnya. Selain simple, Olahraga lari juga banyak mempunyai manfaat banyak bagi kesehatan tubuh kita.

Olahraga Lari, Murah Dan Banyak Manfaat

Didalam olahraga sendiri, lari banyak sekali macamnya dan juga banyak kategori kelas. Ada lari jarak pendek, menengah dan lari marathon atau jarak jauh. Ada juga lari estafet yang merupakan satu kesatuan tim.

Olahraga lari yang sedikit berbeda adalah lari haling rintang atau lari gawang. Olahraga lari yang satu ini sedikit ada tambahan yaitu pelati harus melewati gawang dengan berlari lalu melompat melewati gawang tersebut.

Manfaat olahraga lari sendiri adalah memperlancar aliran darah didalam tubuh kita serta meningkatkan kesehatan dan kebugaran tubuh kita. Selain itu, lari juga bias memicu keluarnya hormone dan enim yang merangsang jantung dan otot agar bekerja lebih baik lagi.

Selain memperlancar peredaran darah dan membuat tubuh kita bugar, oahraga lari juga bias digunakan untuk menjaga atau bahkan mengurangi berat badan kita. Olahraga lari juga dapat membakar kalori didalam tubuh kita tergantung seberapa cepat dan seberapa jauh kita berlari.

Ada pula manfaat dari olahraga lari adalah merawat kesehatan lutut anda. Ada studi lanjut yang mengatakan bahwa olahraga lari dapat menurunkan resiko sakit lutut dan pinggang serta merangsang pertumbuhan tulang. Selain lutut, lari juga bias mencegah osteoporosis. Hal ini dikarenakan lari dapat memicu embentukan sel baru di dalam tubuh.

Manfaat selanjutnya adalah mengurangi resiko penyakit jantung Koroner. Berlari dengan jarak 16 Km dalam total 1 minggu minimal bias meningkatkan Kolesterol baik dalam darah. Banyak juga penelitian dari berbagai pakar kesehatan bahwa berlari secara rutin akan menurunkan resiko jantung Koroner.

Namun lari juga harus hati – hati dalam melakukannya karena akan menimbulkan cidera karena salah melakukan ini. Hal ini yang tidak disarankan dalam olahraga lari. Anda juga sebaiknya mengetahui beberapa tips yang bagus guna mendapatkan hasil yang maksimal dan mengurangi resiko Cidera.

Beberapa tips ini mungkin akan bisa membantu anda melakukan olahraga Lari :

  1. Pilihlah sepatu yang nyaman dan tepat untuk melakukannya
  2. Sebelum melakukannya, anda disarankan untuk melakukan pemanasan agar tidak kram otot di saat berlari.
  3. Berlarilah dengan stabil dan di kombinasi dengan jalan kaki.
  4. Perpanjanglah durasi olahraga lari anda  secara perlahan hingga meningkat semaksimal mungkin.
  5. Ketika sudah melakukan hal ini, silahkan untuk melakukan pendinginan untuk menormalkan detak jantung anda stabil kembali seperti semula.

Bagi anda yang baru saja melakukannya, sebaiknya melakukan olahraga lari dengan jarak dan waktu yang terbatas amun rutin. Hal ini karena untuk menyesuaikan fisik dan tenaga serta mengurangi resiko cidera kaki.

Spread the word. Share this post!