Pentingnya Makanan Sehat Bagi Tubuh Kita

Makanan sehat mengandung berbagai macam gizi yang bermanfaat bagi tubuh kita. Pada zaman sekarang ini untuk menemukannya juga bukanlah perkara yang sulit. Kita dapat menemukannya dimana dan kapan saja. Supermarket atau pasar tradisional telah menyediakan bahan makanan secara melimpah dah harganya pun tidak mahal. Buah dan sayur merupakan sumber dari banyak gizi bisa kita temukan dimana-mana. Lantas apa lagi alasan untuk tidak mengkonsumsinya? Padahal banyak kemudahan yang mendukung kita untuk hidup sehat.

Pentingnya Makanan Sehat Bagi Tubuh Kita

Tubuh kita membutuhkan banyak gizi agar kita tetap dalam kondisi yang baik. Gizi ini yang akan mendukung sistem kerja pada tubuh nantinya. Apa saja gizi yang kita butuhkan bagi tubuh kita? Dari mana kita bisa mendapatkan gizi yang kita butuhkan? Berikut ini berbagai kandungan gizi dan makanan sehat di dalamnya.

Protein

Protein berfungsi mengganti sel-sel tubuh yang rusak, sumber energi, membentuk enzim, hormon, dan anti bodi. Protein dibagi menjadi dua yakni protein nabati dan protein hewani. Protein nabati adalah protein yang berasal dari tumbuh-tumbuhan. Sedangkan protein hewani adalah protein yang berasal dari hewan. Bahan makanan yang mengandung protein nabati yaitu kacang, kedelai, tahu, tempe. Sedangkan protein hewani seperti susu, keju, ikan, daging, dan telur.

Serat

Mengkonsumsi makanan mengandung serat berfungsi membantu pencernaan pada tubuh kita. Serat akan menyerap air, hal ini mempermudah tubuh kita untuk buang air besar. Makanan  yang mengandung serat antara lain apel, brokoli, gandum, buah pir, manga dan lain sebaginya.

Karbohidrat

Fungsi utama karbohidrat adalah sebagai sumber tenaga. Makanan yang mengandung karbohidrat yaitu kentang, oatmeal, beras, roti gandum, dan buah-buahan.

Baca Juga : AGAR TETAP SEHAT DAN FIT, MAKANAN SEHAT INI WAJIB DIKONSUMSI SETIAP HARI

Mineral

Mineral berfungsi mengangkut oksigen ke seluruh tubuh, pembentukan dan pemeliharaan tulang, juga menjaga keseimbangan cairan. Makanan yang mengandung mineral adalah ikan, daging, susu, tahu, kedelai, yogurt, sayur bayam, dan lain-lain.

Air

Tubuh kita mengandung lebih dari 60% air. Itulah mengapa air penting untuk tubuh kita. Mengkonsumsi air dalam jumlah yang cukup akan menjaga kestabilan tubuh kita.

Lemak

Sumber tenaga lain dapat ditemukan melalui lemak. Makanan yang mengandung lemak yaitu daging sapi, mentega, es krim, keju, dan lain sebagainya.

Vitamin

Vitamin mengandung anti oksidan yang penting bagi tubuh kita untuk melindungi tubuh dari berbagai penyakit. Selain itu vitamin juga menjaga metabolisme tubuh. Buah dan sayur banyak mengandung vitamin, seperti jeruk mengandung vitamin C, sayuran hijau yang mengandung vitamin K. Telur, susu, gandum mengandung vitamin E. Minyak ikan, kuning telur, hati mengandung vitamin D. makanan sehat seperti keju, susu, telur, minyak kelapa sawit mengandung vitamin A, dan lain sebagainya.

Semoga berbagai informasi di atas bisa lebih membantu Anda dalam memilih makanan yang sehat.

Spread the word. Share this post!