Pentingnya Mengkonsumsi Menu Makanan Sehat Setiap Hari

Kesehatan merupakan harta yang paling berharga dalam kehidupan. Dengan tubuh yang sehat, Anda bisa produktif sehingga dapat mencapai segala sesuatu yang diinginkan. Kesehatan sendiri sangat berhubungan dengan makanan dan minuman yang dikonsumsi. Bila Anda selalu mengkonsumsi makanan sehat maka tubuh juga akan lebih sehat dibandingkan dengan mereka yang mengkonsumsi makanan kurang sehat atau memiliki kebiasaan buruk seperti merokok dan mengkonsumsi alkohol.

Menu makanan yang menyehatkan badan sebenarnya bukanlah makanan yang mahal. Anda bisa berpedoman pada menu 4 sehat 5 sempurna yang sejak dahulu diprogramkan pemerintah. Kelengkapan nutrisi menjadi yang paling utama dalam menyediakan menu sehat untuk Anda dan keluarga. Anda tidak perlu mengeluarkan biaya makan yang mahal dengan mengunjungi makanan dari luar negeri atau sebagainya jika hanya bertujuan untuk mengkonsumsi makanan yang menyehatkan. Dengan memasak sendiri makanan untuk diri sendiri dan keluarga, justru Anda bisa lebih memastikan kesehatan makanan tersebut.

Menu-menu makanan sehat yang tercantum dalam 4 sehat 5 sempurna yaitu:

  • Karbohidrat dalam nasi, umbian, roti dan jagung.
  • Lauk hewani atau nabati dalam ikan, daging, tempe, tahu, telur dan sebagainya.
  • Sayuran sebagai sumber mineral seperti sayur bayam, brokoli, wortel dan sebagainya.
  • Buah-buahan sebagai sumber vitamin.
  • Susu sebagai sumber kalsium yang mudah diserap tubuh.

    Baca Juga: Makanan Sehat Untuk Diet Mayo

Meski sekarang banyak suplemen makanan yang disediakan oleh pasar, namun tentu saja hal tersebut tidak bisa menggantikan makanan yang sesungguhnya. Dengan suplemen mungkin kebutuhan satu atau beberapa zat tertentu terpenuhi namun jangan dilupakan bahwa suplemen adalah zat asing yang nantinya harus diuraikan oleh ginjal dan hati. Semakin banyak suplemen atau obat kimia yang Anda konsumsi maka semakin berat kerja ginjal dan hati sehingga memiliki resiko lebih tinggi untuk terjadinya gangguan.

Mengkonsumsi makanan yang menyehatkan juga perlu dilakukan dengan cara-cara yang sehat. Jangan sampai Anda makan makanan yang enak dan sehat hanya satu kali sehari atau dengan cara lain yang tidak memperhatikan kebersihannya. Makanlah secara teratur agar sistem pencernaan Anda berfungsi dengan baik dalam menghasilkan sari makanan dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Dengan mengkonsumsi makanan sehat setiap harinya, tubuh Anda akan menerima asupan nutrisi yang dibutuhkan untuk bermetabolisme dengan baik dalam melakukan berbagai aktifitas. Selain kandungan nutrisi, jadwal dan porsi makan juga harus diperhatikan agar tidak terjadi obesitas atau kekurangan kuantitas makan. Dengan tubuh yang sehat, Anda bisa memiliki kehidupan yang produktif dan bahagia karena tidak bergantung pada obat-obatan kimia yang justru memiliki efek samping untuk kesehatan itu sendiri. Mencegah penyakit sebelum datang juga merupakan cara yang bijak dalam mengusahakan kesehatan seperti dengan menjaga pola dan menu makanan yang menyehatkan.

Spread the word. Share this post!