Perawatan Kulit Tradisional

Kulit putih memang 99% sumbangsih dari gen. Tapi meskipun enggak  putih asal mulus, sehat dan terawat itu sudah cukup menjadi dambaan setiap orang. Pasti termasuk anda juga tentunya. Ada orang yang beruntung terlahir dengan genetik dimana mempunyai kulit yang mulus tanpa melakukan usaha perawatan seperti yang lainnya. Hanya sewajarnya saja. Tapi lebih banyak lagi yang memang untuk mendapatkan kulit yang ideal harus melakukan perawatan kulit. Berbeda – beda memang.  Tapi walaupun berbeda – beda, positifnya mendapatkan kulit yang ideal bukan hal yang mustahil.  Ada cara – cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkannya. Ada cara modern melalui alat – alat dengan teknologi canggih dan menggunakan produk – produk perawatan yang modern. Ada pula dengan cara perawatan tradisional menggunakan resep – resep atau cara – cara warisan dari leluhur. Dan buat anda yang ingin tahu cara tradisional, berikut adalah perawatan kulit tradisional.

Perawatan Kulit Tradisional

Beruntunglah anda terlahir di negara yang terdiri dari berbagai suku. Kenapa ? Karena masing suku atau etnis mempunyai cara – cara tersendiri dalam perawatan kulit. Itu adalah kekayaan atau harta yang berharga yang harus dilestarikan oleh anda generasi saat ini. Dan itu berarti anda tinggal memilih mau menggunakan cara yang mana. Mungkin jika harus dibahas semuanya disini tidak akan cukup, tapi setidaknya ada beberapa perawatan tradisional yang bisa anda pilih.

Baca Juga:TIPS PERAWATAN WAJAH YANG BIKIN WAJAH KINCLONG

  • Batimung

Mungkin bagi sebagian besar namanya kurang familiar. Tapi tidak bagi anda yang tinggal di Kalimantan. Batimung bagi masyarakat adalah berkah. Perawatan kulit tradisional ini adalah yang paling terkenal di Kalimantan. Bagi anda yang belum terbayang, batimung adalah sejenis spa yang dilakuan oleh suku Banjar, Kalimantan Selatan. Khasiatnya yaitu mencerahkan kulit, selain juga dipercaya bisa membakar lemak. Batimung terbut dari bahan – bahan yang sangat sederhana. Ramuan spa ini terbuat dari campuran lengkuas,kunyit, rumput akar wangi, kenanga, pandan wangi, kapulaga , temu giring, temu lawak, bunga mawar, serai, jeruk purut, bunga melati putih dan minyak kelapa. Penggunaannya ialah dijadikan bahn untuk madi uap selama kuang lebih 1 jam.

  • Boreh

Lain Kalimantan lain pula Bali. Bali juga mempunyai perawatan kulit tradisional yang tidak kalah khasiatnya. Boreh namanya. Boreh sendiri sudah ada produk jadinya, anda tinggal beli pakai. Pasti anda bertanya – Tanya, seperti apa Boreh itu. Boreh adalah sejenis ramuan yang digunakan sebagai luluran bagi masyarakat Bali. Selain bagus untuk perawatan kulit, Boreh juga mempunyai khasiat lainnya. Ini sangat baik untuk kesehatan yaitu memperlancar peredaran darah, menghangatkan tubuh dan menghilangkan pegal – pegal. Boreh sendiri terbut dari campuran jahe, cendana, serai, cengkeh, pala, beras hitam, lengkuas dan minyak kelapa.

Nah, selamat mencoba.

Spread the word. Share this post!