Pilihan Makanan Sehat

Setiap orang diberi kesempatan untuk memilih gaya hidup. Gaya hidup yang baik dan sehat, atau gaya hidup yang serba instan dan tidak sehat. Tidak semua orang juga mampu mengikuti arus gaya hidup yang sehat di era sekarang ini karena tuntutan hidup, keterbatasan waktu, kurangnya informasi, dan ketidak disiplinan memberi pengaruh dalam keputusan yang Anda pilih. Ketika Anda diberi pilihan antara makanan sehat dan junk food, tentu saja kebanyakan orang memilih junk food karena cita rasa pada makanan ini lebih memacu selera makan. Sedangkan rasa pada buah, sayuran, susu, dan kacang – kacangan, kurang dinikmati. Beda lagi jika makanan ini diolah menjadi snack atau camilan, maka berbondong bondong orang akan berebutan mencicipinya. Namun, telat sudah karena nutrisi pada snack sudah hilang walaupun bahan dasarnya buah atau susu.

Buah dan sayur – sayuran adalah kombinasi yang solid. Setiap dessert yang disajikan, selalu ada buah di dalamnya, atau mungkin hanya menjadi hiasan atau topping. Namun, sebagai manusia yang kreatif, tentu saja Anda bisa mengakalinya dengan membuat dessert sehat dengan bahan dasar buah atau sayuran. Seperti pudding buah contohnya atau jus sayur – sayuran. Ketika Anda membenci rasa pahit pada sayur, berikan beberapa tetes madu untuk membantu Anda tidak muntah pada saat meminumnya.

Baca Juga: 10 MAKANAN SEHAT YANG PATUT ANDA KETAHUI

Untuk daging, cari daging yang tidak terlalu banyak lemaknya. Lemak pada daging sangat jahat dan tidak sehat bagi tubuh Anda. Sebisa mungkin dada ayam tanpa tulang atau daging ikan dijadikan pilihan utama saat Anda bosan hanya karena mengkonsumsi sayur – sayuran saja. Kacang – kacangan dan telur juga boleh dipadukan ke makan siang atau malam Anda. Berikutnya susu dan dairy foods. Jangankan anak – anak, orang dewasa sudah sepatutnya rajin minum susu juga. Sebisa mungkin cari yang low fat sehingga Anda tidak perlu khawatir dengan berat badan Anda. Karena sugar free atau low fat akan membantu Anda mengurangi lemak yang tak perlu. Makanan sehat bisa didapatkan dimana saja, apalagi sekarang ini sudah banyak produk dengan bahan organik tertata rapi di etalase.

Sesuai dengan mottonya, lebih baik mengkonsumsi satu makanan junk food dan seribu makanan sehat daripada seribu junk food, dan diobati dengan obat dokter. Jadi, tidak ada salahnya memberi reward atau hadiah pada lidah dan perut Anda saat sudah rajin bergaya hidup sehat selama 6 hari, dan menjadikan hari ke 7 sebagai cheating day. Jadi intinya, tidak ada salahnya juga memakan seporsi pizza atau spaghetti asal keesokan harinya tetap menjalani hidup sehat. Apapun yang Anda konsumsi, yang Anda asup ke dalam tubuh, semua menjadi tanggung jawab Anda sendiri. Jadi, ketika terjadi sesuatu di masa depan, diharapkan Anda tidak panik dan menyesal. Selamat bergaya hidup sehat dan tetap semangat, ya.

Spread the word. Share this post!