Pola Makan Sehat

Hidup sehat adalah suatu pilihan. Meski pilihan sesungguhnya ini diinginkan setiap orang. Ketika bicara hidup sehat ada satu hal yang tidak bisa dikesampingkan yaitu pola makan. Tentu saja kita bicara disini kita bicara tentang pola makan sehat.

Pola Makan Sehat

Pola makan memang sangat besarnya pengaruhnya terhadap kesehatan anda. Tanpa menjaga pola makan yang baik maka akan sulit untuk bisa menjaga kesehatannya. Meskipun memang pola makan hanya salah satu bagian dari pendukung hidup sehat atau kesehatan anda. Nah, untuk menjalani pola makan yang baik atau sehat ada beberapa hal yang harus anda perhatikan. Ini penting, karena bisa jadi inilah rambu – rambu yang bisa anda jadikan pegangan dalam menjalaninya. Apa saja yang harus diperhatikan? Simak ulasan singkatnya dibawah ini.

  • Disiplin dengan waktu makan

Salah satu faktor penting dalam pola makan yang sehat adalah waktu makan yang tepat dan teratur. Pola makan yang baik dan sehat dalam sehari itu 3 kali, pagi, siang dan malam. Dan itu harus disiplin terus dilakukan seperti itu. Ketika anda mulai makan sesempatnya maka anda memulai untuk pola makan yang tidak baik, ujungnya merusak hidup sehat yang anda inginkan. Jadi teruslah berusaha menjaga kedisiplinan anda.

  • Banyak minum air putih

Kebutuhan tubuh akan cairan atau air ternyata tinggi sekali. Sebenarnya ada hitungannya yang lebih mengenai kebutuhan air dalam tubuh tiap orang. Artinya sesungguhnya tiap orang berbeda – beda. Tapi secara umum sangat disarankan untuk minum air putih minimal 8 gelas sehari.  Jadi minimal ikuti pola minimal 8 gelas air putih sehari.

  • Banyak konsumsi sayuran dan buah – buahan

Hal yang harus diperhatikan selanjutnya untuk pola makan yang sehat adalah perbanyak konsumsi sayuran dan buah – buahan. Seperti yang diketahui oleh kita semua, termasuk anda, sayuran dan buah – buahan mengandung nutrisi – nutrisi yang memang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita.

  • Kurangi cemilan

Ini salah satu hal yang termasuk sulit untuk dilakukan. Habit ini memang habit yang menyenangkan untuk dilakukan. Tapi harus disadari tidak selamanya kebiasaan yang menyenangkan itu baik untuk anda. Dalam hal ini kita bicara pada sisi kesehatan anda. Salah satu sisi jelek dari kebiasaan ini adalah bisa membuat anda gemuk. Jadi sangat bijak jika anda menguranginya.

  • Kurangi kebiasaan mengkonsumsi  junk food

Dari namanya saja sudah merefrentasikan kualitas dari makanan ini. Ini benar – benar makanan yang kurang sehat untuk dikonsumsi. Jadi jika ini hal penting lainnya yang harus diperhatikan dalam pola makan sehat yang ingin anda lakukan.

Sebenarnya masih banyak hal – hal lain selain yang diulas di atas, tapi setidaknya ini bisa memberikan gambaran.

Spread the word. Share this post!