Sayuran Sehat Kaya Serat Yang Bermanfaat Untuk Kesehatan

Sayuran merupakan salah satu jenis makanan yang jarang disukai. Hal ini dikarenakan beberapa sayuran memiliki rasa hambar, yang kurang nikmat bagi lidah sebagian orang. Banyak orang yang ogah menjadi vegetarian. Mereka lebih memilih menjadi penikmat daging karena daging yang kaya lemak memang lezat. Padahal, tubuh manusia tidak hanya membutuhkan asupan lemak semata. Tubuh manusia juga sangat membutuhkan serat. Hal ini dikarenakan sistem keseimbangan pencernaan kita sangatlah membutuhkan asupan serat. Serat sangat bermanfaat untuk membuat proses pencernaan menjadi lancar. Maka tak heran, orang yang ogah mengkonsumsi sayuran biasanya akan dengan mudah terserang sembelit. Bahkan, untuk kasus yang lebih gawat, orang yang hanya gemar mengkonsumsi daging saja tanpa sayuran, bisa terserang obesitas. Tentu, hal itu sangatlah mengkhawatirkan. Sebab itu, berikut ini adalah 4 sayuran sehat kaya serat yang sangatlah bermanfaat bagi kesehatan anda.

  • Kubis

Kubis adalah salah satu jenis sayuran kaya serat yang mudah sekali kita temui di pasar. Sayuran yang terdiri dari berkas lapisan berwarna hijau ini memiliki kandungan serat mencapai 2,3 gram. Selain serat, ternyata kubis juga memilki kandungan karbohidrat mencapai 5,58 gram. Kandungan karbohidrat ini cukuplah tinggi untuk ukuran sayur, sehingga tak heran di beberapa negara, seperti korea selatan, kubis dijadikan sebagai makanan pokok.

  • Paprika

Paprika merupakan sayuran yang sering dijadikan bahan tambahan pada setiap jenis olahan makanan. Contohnya adalah pizza. Paprika biasanya disajikan sebagai topping pada pizza. Namun sayangnya, beberapa orang ternyata juga membenci sayuran ini. Padahal paprika memilki kandungan manfaat yang sangatlah berguna bagi kesehatan kita. Paprika mengandung serat yang mencapai 2 gram. Jumlah kandungan serat ini sudah cukup bagi konsumsi serat kita setiap harinya. Selain itu, paprika juga mengandung kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Yaitu sekitar 150 persen dari dosis kebutuhan tubuh manusia tiap harinya.

Baca Juga: 3 SAYURAN SEHAT PALING BAGUS UNTUK KESEHATAN JANGKA PANJANG

  • Kecambah

Kecambah dipercayai memilki khasiat untuk memacu fungsi kejantanan seorang pria. Namun hal itu masih menjadi perdebatan para ahli. Namun, yang pasti kacambah memanglah salah satu jenis sayuran kaya serat yang memiliki fungsi bagi kesehatan kita. Kecambah memilki kandungan serat hingga 2,2 gram. Selain itu, kecambah juga mengandung zat anti oksidan yang sangatlah bermanfaat bagi kesehatan paru-paru kita.

  • Lobak

Di Jepang, lobak merupakan salah satu jenis sayuran sehat yang menjadi makanan pokok. Orang jepang tahu, bahwa ternyata lobak memiliki kandungan serat yang tinggi. Selain serat, ternyata lobak juga mengandung vitamin K yang sangat baik bagi fungsi tubuh. Selain kaya serat, lobak juga mudah untuk diolah menjadi berbagai jenis makanan sehat yang lezat.

Berikut tadi adalah 4 jenis sayuran sehat yang baik dikonsumsi secara rutin karena kandungan seratnya. Tentu, kini kita tahu bahwa kesehatan itu mahal, maka tak ada salahnya jika kita lebih dulu bersiap untuk mencegahnya.

Spread the word. Share this post!