Sayuran Terbaik untuk Diet Sehat

Mempunyai tubuh yang memiliki berat badan yang ideal tentu saja menjadi impian dan dambaan semua wanita. Jika Anda ingin menurunkan berat badan, Anda bisa menggunakan cara diet sehat dengan lebih jeli memilih menu makanan. diet bukan berarti mengkonsumsi makanan yang lebih sedikit, prinsip yang bisa diterapkan saat memilih makanan yakni mengandung banyak air, kaya dengan kandungan serat hingga kandungan kalsium. Ketiganya akan membuat rasa kenyang bertahan semakin lama, sehingga asupan kalori yang terserap akan menjadi sedikit.

Sayuran hijau adalah salah satu pilihan makanan yang paling baik ketika diet, bahkan makanan ini juga bisa meningkatkan kesehatan. sayuran hijau kaya kandungan serat, mineral dan vitamin yang bisa membantu menurunkan berbagai macam penyakit seperti kanker, diabetes hingga penyakit jantung. Sayuran yang dapat dijadikan sebagai pilihan seperti bayam. Bayam di dalam piring biasanya hanya mengandung 20 kalori. Namun vitaminnya begitu lengkap mulai dari C, A hingga asam folat. Bayam juga mempunyai kandungan vitamin K dan zat besi. Untuk mendapatkan kandungan kalsium pada bayam, lakukan proses pemasakan terlebih dulu. Rebus bayam selama beberapa menit dan konsumsi bersama dengan air rebusannya.

Kedua, brokoli. Anda bisa melakukan diet sehat dengan menggunakan brokoli. Brokoli mempunyai kandungan kalori sebanyak 25 kalori setiap mangkuk. Brokoli juga kaya dengan kandungan vitamin C, asam folat hingga potassium. Tidak lupa kandungan kalsium dan seratnya juga sangat penting untuk program diet Anda. sayuran yang terlihat seperti pohon ini bisa dikonsumsi mentah maupun di kukus. Jika ingin menyajikannya dalam spaghetti, Anda bisa memasukkan brokoli selama 3 menit, sebelum matang agar ia terus segar dan mempunyai nutrisi maksimal

Baca Juga: Tips Diet Tanpa Obat yang Mudah untuk Dilakukan

Ketiga, selada merah atau hijau. Sayuran yang begitu banyak disajikan mentah dikenal dengan sayur yang kaya akan kandungan vitamin A, serta memiliki kandungan asam folat. Bukan hanya itu, selada juga bisa menjadi sumber nutrisi vitamin B serta mangan yang bisa membantu mengendalikan gula darah serta memaksimalkan daya tahan tubuh. Dengan hanya 100 kalori tiap mangkuk saji, selada bisa Anda gunakan untuk diet. Jika semakin gelap warna selada, kandungan nutrisinya bisa menjadi semakin tinggi.

Terakhir, kol dan kembang kol. Diet sehat bisa mengkonsumsi kol dan kembang kol. Untuk kol, walaupun memiliki warna yang lebih pucat dibandingkan dengan sayur yang lain, kol adalah sumber nutrisi yang begitu besar. Tingginya kandungan antioksidan seperti vitamin C akan mendukung daya tahan tubuh. Untuk kembang kol, kembang kol hampir mirip dengan brokoli namun ia berbeda warna. Kandungan nutrisi di dalam kembang kol mirip dengan kol yakni tinggi kandungan vitamin C serta folat yang bisa menurunkan resiko kanker. Sajikan kembang kol dengan mentah atau di tumis untuk memaksimalkan kandungannya.

 

Spread the word. Share this post!