Sehat Selama Hamil dengan Olahraga Saat Masa Kehamilan

Masa kehamilan tentu menjadi masa yang istimewa untuk setiap wanita, terlebih untuk masa kehamilan yang pertama. Kehamilan adalah hadiah yang istimewa dan tidak bisa dinilai dengan apapun sehingga Anda wajib menjaga kehamilan tersebut. Selain makan sehat dan istirahat cukup, jangan lupakan untuk olahraga selama masa hamil. Dengan berolahraga saat hamil maka menjadi kunci untuk bisa menjaga kesehatan janin dan mampu mengalami persalinan lancar nantinya.

Mungkin banyak wanita hamil yang mengartikan menjaga kehamilan adalah dengan banyak tidur dan makan banyak. Padahal hal ini justru akan mampu membuat Anda merasa kian lelah sepanjang hari. Untuk itu pastikan juga untuk berolahraga selama masa kehamilan sehingga Anda bisa mendapat manfaat berikut ini:

  • Mampu membuat waktu istirahat lebih tenang dan nyaman.
  • Berolahraga juga akan mampu mencegah Anda naik berat badan secara berlebihan.
  • Stamina akan meningkat dan kekuatan otot pun akan maksimal yang bisa bermanfaat ketika menjalani persalinan.
  • Berolahraga juga mampu mengurangi resiko depresi serta memperbaiki suasana yang ada di hati.
  • Perlu diketahui jika ada resiko diabetes mengintai meski saat hamil dan Anda bisa meminimalisirnya dengan berolahraga teratur.
  • Berolahraga pun mampu membuat resiko bayi lahir dengan berat berlebih berkurang.
  • Bisa mengurangi sakit kembung, konstipasi dan sakit punggung.

Berolahraga yang bisa dilakukan oleh wanita hamil sangat beragam mulai dari berjalan kaki, yoga hingga pilates. Berenang serta bersepeda statis juga bisa dilakukan demi melatih kekuatan serta kelenturan pada otot. Namun ingat jika olahraga harus dilakukan tanpa berlebihan sehingga manfaat maksimal bisa diperoleh. Jika memang sudah terasa sangat lelah, maka berhentilah untuk berolahraga dan istirahat demi membangkitkan lagi stamina. Lanjutkan esok hari. Selain itu, aktivitas rumahan seperti belanja hingga membersihkan rumah pun adalah bagian dari olah tubuh.

 Baca Juga:KESALAHAN OLAHRAGA YANG KERAP DILAKUKAN WANITA

Berolahraga ketika hamil juga tetap wajib untuk diwaspadai ketika menemukan kondisi seperti nyeri dada hingga sakit kepala atau bahkan pendarahan. Untuk itu, hindari beberapa aktivitas berikut ini:

  • Berolahraga regu yang banyak kontak fisik seperti sepak bola dan basket.
  • Diving akan mampu membuat bayi tertekan dan gelembung gas di dalam pembuluh darahnya.
  • Badminton, tenis hingga beladiri juga bisa cukup beresiko Anda untuk jatuh.
  • Hindari juga berolahraga yang menuntut Anda berbaring terlalu lama jika usia kehamilan sudah lewat dari 4 bulan.
  • Berolahraga tempo cepat dan butuh pergerakan tubuh bergerak misalnya melompat dan sit up juga sebaiknya dihindari.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda ketahui terkait olahraga Ibu hamil. Pilih berolahraga ringan yang Anda suka. Bila perlu Anda bisa ikut kelas berolahraga dengan instruktur sehingga bisa lebih aman. Jangan lupa untuk selalu melakukan pemanasan sebelum berolahraga.

Spread the word. Share this post!