Tahapan Rehabilitasi Agar Terbebas dari Bahaya Narkoba

Bahaya narkoba memang tidak semudah itu dirasakan. Penyalahgunaan narkotika serta obat terlarang menunjukkan trend yang meningkat di negara kita. Rehabilitasi narkoba adalah salah satu cara menyelamatkan para pengguna dari adanya belenggu narkoba. Oleh sebab itu ada beberapa tahapan yang harus dilakukan. Penyalahgunaan obat terlarang ini pada mulanya dari coba-coba di lingkungan sosial, semakin lama penggunaan resiko kecanduan menjadi semakin tinggi sehingga dosis narkoba yang digunakan menjadi semakin besar agar bisa teler.

Beberapa gejala yang menandakan jika seseorang berada di tahap kecanduan seperti keinginan mengkonsumsi narkoba secara terus menerus atau beberapa kali sehari. Dosis yang digunakan pun juga semakin besar, hingga mencapai pada keinginan penggunaan yang tidak bisa ditahan. Pengguna pun akan memastikan bila suplay terus tersedia bahkan mau menghabiskan uang hanya untuk melakukan pembelian obat terlarang ini. dari sisi sosial, pecandu bisa menarik diri dari lingkungan dan keluarga. Mereka lalai untuk memenuhi kewajiban, bahkan untuk aktivitas biasa.

Bagaimana dengan pengguna yang masih berusia remaja? Bahaya narkoba bagi pengguna yang masih berusia narkoba, lebih cenderung pada prestasi. Pengguna menjadi sering tidak masuk sekolah, prestasi menjadi menurun hingga kehilangan motivasi dan energi. Pengguna narkoba juga sering mengenakan pakaian yang tidak pantas, murung hingga terjadi perubahan drastis.

Baca Juga:INILAH BAHAYA NARKOBA BAGI PARA PELAJAR YANG HARUS DIPERHATIKAN

Bagaimana agar bisa terbebas? Kunci rehabilitasi ialah melakukan dengan secepat mungkin. Oleh sebab itu dibutuhkan dokter spesialis ketergantungan narkoba serta bantuan psikiater atau pun konselor yang khusus menangani bidang ini. Seperti pecandu pada umumnya, pecandu ini sering menyangkal kondisi yang mereka hadapi serta sulit untuk diminati rehabilitasi. Biasanya diperlukan intervensi dari keluarga atau teman agar bisa memotivasi serta membuat pengguna menjalankan upaya rehab.

Agar bisa terbebas dari bahaya narkoba, berikut hal-hal yang bisa dilakukan, antara lain:

  • Penanganan menggunakan obat. Penanganan dengan menggunakan obat-obatan dengan melalui pengawasan dokter, bergantung dari jenis narkoba yang dipergunakan. Pengguna narkoba yang menggunakan jenis morfin atau heroin akan diberi terapi obat, obat ini bisa membantu mengurangi keinginan mempergunakan narkoba, yang diharapkan bisa mencegah penyakit HIV sampai kematian. Obat jenis lain yang dapat dipergunakan adalah naltrexona. Obat ini mempunyai beberapa efek samping serta diberikan untuk pasien rawat jalan,
  • Konseling. Salah satu proses yang harus dilakukan konselor untuk pertama kali ialah meyakinkan pengguna jika ia mengalami kecanduan karena seorang pengguna yang masih tahap penyangkalan bisa sulit diajak bergabung. Konseling dilakukan konselor pada pengguna dalam rehabilitasi serta membantu pengguna tentang masalah atau pun perilaku yang memicu ketergantungan. Tidak menutup kemungkinan melakukan konseling dengan cara berkelompok. Konseling memiliki tujuan membantu program pemulihan seperti memulai perilaku hidup yang sehat dan normal maupun strategi untuk menghadapi resiko penggunaan.

Spread the word. Share this post!