Tak Selamanya Negatif, Ternyata Konsumsi Alkohol Juga Memiliki Dampak Positif

Salah satu jenis minuman yang dilarang untuk dikonsumsi dalam negeri diantaranya adalah alkohol, tentunya sudah tak begitu asing lagi bagi Anda. Sebenarnya alkohol ini banyak sekali jenisnya, tergantung dari kadar masing-masing minuman. Bahkan selain dalam minuman ternyata banyak juga makanan yang juga mengandung kadar alkohol di dalamnya, meskipun dalam jumlah yang relatif kecil. Konsumsi alkohol dalam kadar yang ringan sebenarnya bukan masalah bagi kesehatan.

Karena yang menyebabkan berbagai efek negatif adalah mereka yang sudah ketergantungan akan alkohol, tak bisa lepas dari minuman yang satu ini. Sekali dua kali mungkin tak memberikan dampak apapun, namun jika terus dilakukan, maka dampak jangka panjangnyalah yang sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh. mulai dari efek-efek ringan hingga menyebabkan munculnya penyakit kanker.

Sebenarnya konsumsi alkohol dalam jumlah yang kecil atau kadar yang ringan bisa memberikan beragam manfaat bagi kesehatan, diantaranya adalah:

  1. Bisa mengurangi tekanan darah, bagi Anda yang memiliki masalah tekanan darah tinggi, salah satu cara yang banyak digunakan sebagai media pengobatan adalah dengan konsumsi anggur, alkohol yang terdapat dalam fermentasi cairan anggur ini lebih sehat dibandingkan dengan bahan yang lainnya, cukup dengan sedikit saja, namun rutin bisa memberikan terapi untuk turunkan tekanan darah tinggi tersebut.
  2. Bisa menekan resiko terkena penyakit stroke, stroke merupakan gangguan kesehatan dimana ketika darah tak bisa disalurkan menuju ke otak, sehingga menyebabkan beberapa gangguan kesehatan, seperti tubuh yang lumpuh sebelah, jenis stroke isekemik ini bisa dicegah dengan beberapa macam cara, salah satunya menggunakan alkohol, namun tentunya konsumsi harus dalam jumlah yang sesuai, jika berlebihan dampaknya juga bahaya bagi tubuh.
  3. Membantu dalam tingkatkan kualitas tidur, terlalu stress membuat seseorang mengalami gangguan tidur atau yang disebut sebagai insomnia. Meskipun bisa menutup mata namun tak bisa masuk alam tidur. Hal ini dapat diatasi juga salah satunya dengan meminum alkohol. Tidur akan jadi jauh lebih nyenyak dan bangun tubuh juga menjadi segar.
  4. Membantu membuat tubuh jadi lebih hangat, di beberapa negara yang memiliki 4 musim, tak ada larangan bagi penduduknya yang sudah berusia di atas 17 tahun untuk konsumsi minuman ini, karena memang alkohol menjadi salah satu cara untuk jaga tubuh tetap hangat, apalagi ketika sudah memasuki musim dingin.
  5. Bisa mengurangi batu ginjal, sebuah penelitian menyebutkan bahwa konsumsi minuman alkohol secara rutin juga dapat menekan terjadinya endapan kalsium dalam ginjal manusia.

Ada sangat banyak manfaat yang bisa didapatkan dengan konsumsi alkohol, namun tetap pada takaran yang sehat. Sebaiknya hentikan kebiasaan minum minuman ini ketika sudah merasakan dampak yang baik bagi tubuh.

 

Spread the word. Share this post!