Teh Celup untuk Mengobati Bibir Bengkak

Pernah mengalami bibir bengkak? Pastinya sakit dan mengganggu, bukan? Terlebih bibir adalah salah satu bagian tubuh yang kerap menjadi pusat perhatian. Bibir bengkak sendiri umumnya disebabkan oleh gigitan serangga, alergi, atau terantuk benda keras. Untuk meredakan bengkak pada bibir, orang biasanya menggunakan es batu sebagai pertolongan pertama di rumah. Tapi jika Anda tidak menyukai sensasi dingin dari es batu, alternatifnya Anda bisa beralih menggunakan teh celup.

Ya, teh celup dapat dijadikan obat bagi bibir bengkak yang cukup efektif. Caranya, benamkan kantong teh dalam air hangat selama beberapa menit. Kemudian, angkat kantong teh dan biarkan hingga dingin. Tempatkan pada bibir Anda selama 10-15 menit. Bengkak pun akan terlihat berkurang.

Kandungan dalam teh yang berfungsi untuk mengurangi pembengkakan pada bibir tersebut adalah tanin. Tanin bertindak sebagai astringent atau bahan yang menyebabkan konstriksi jaringan tubuh sehingga mengkerut ke ukuran semula dan tidak lagi bengkak.

Jika setelah beberapa kali penerapan teh celup, bibir bengkak Anda tidak kunjung sembuh total, akan lebih baik Anda berkonsultasi dengan dokter untuk mengindetifikasi penyebab bibir bengkak yang sebenarnya. Bisa jadi itu bukan karena gigitan serangga atau terbentur biasa, tetapi gejala penyakit. Dokter akan memberikan obat yang lebih tepat untuk masalah bibir bengkak Anda tersebut.

Spread the word. Share this post!

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *