Tertarik Sulam Bulu Mata? Ini Dia Serba-serbi yang Harus Anda Ketahui

Penggunaan eyelash extension beberapa tahun belakangan marak digunakan kaum wanita untuk memperindah mata. Jika menilik pada manfaatnya, metode ini dinilai lebih praktis karena bertahan lebih lama dibanding menggunakan bulu mata palsu. Tak hanya itu, harga yang relatif mahal dipandang sebagai standar yang menunjukkan kualitas.

Tertarik Sulam Bulu Mata? Ini Dia Serba-serbi yang Harus Anda Ketahui

Meski kerap digunakan beberapa tahun belakangan, model ini ternyata sudah ada sejak 1882 saat sejumlah wanita Paris melakukan hal ekstrim demi memanjangkan bulu mata, yakni menjahit rambut ke kelopak mata. Hingga tahun 2004, Amerika menemukan teknik tanam bulu pada mata.

Fungsi Sulam Bulu Mata

Sulam bulu mata atau eyelash extension bertujuan untuk untuk menambah volume di sekitar mata agar terlihat lentik. Pemasangannya pun tak bisa dilakukan sembarang orang, melainkan dengan ahli kecantikan yang sudah terlatih. Perlu diketahui, jika pasca pemasangannya, pengguna tidak dibolehkan membersihkan dengan air selama 24 jam, dan menghindari posisi tidur dengan tengkurap. Tujuannya, agar kelentikannya tetap terjaga.

Berbeda dengan bulu mata palsu yang bisa dilakukan siapa saja dengan perekat khusus. Jenis sulam ini jika dilakukan dengan perawatan yang baik, bisa bertahan selama beberapa bulan. Manfaatnya memang serupa dengan yang palsu, namun hasilnya justru lebih bertahan. Tak perlu riasan mata berlebih, mata Anda akan terlihat lebih menarik dan awet. Perawatan ini juga bakal menghemat waktu Anda yang tak ingin menghabiskan waktu terlalu lama di depan cermin saat akan bepergian.

Bahaya Eyelash Extension

Selain mengulas kelebihannya, eyelash extension juga memiliki ancaman tersendiri. Di beberapa kasus, penggunanya kerap mengalami iritasi, gatal, bengkak, hingga nyeri yang cukup parah diakibatkan kandungan bahan kimia pada lem perekatnya. Bulu mata juga cenderung mudah rontok lantaran bahan sintetis yang direkatkan pada kelopak mata. Akibat lainnya juga tak main-main, menurut Dokter Spesialis Mata Unuversity Hospits Case Medical Center, Dr Amy Zhang, pembersihan yang tidak cukup baik mengakibatkan kelopak mata menjadi sarang bakteri.

Keunggulan Eyelash Extension

Di sisi lain, pengguna eyelash extension banyak memuji keunggulannya, meski dengan biaya yang cenderung tinggi, mereka mengklaim metode ini aman selama dirawat dengan baik dan diawasi ahli kecantikan. Tampil cantik tentu tak cuma bermodal uang, tapi juga kehati-hatian dalam memilih perawatan yang terpercaya.  Perlu diingat pula, sangat penting untuk melihat reputasi klinik kecantikan yang didatangi terlebih dulu, untuk memastikan keamanannya. Sehingga, jika Anda tertarik melakukan perawatan ini, cari tahu terlebih dahulu tempat yang benar-benar aman.

Sebenarnya Anda dapat memanjangkan bulu mata sendiri secara alami tanpa bantuan eyelash extension yang dapat merugikan kesehatan mata Anda. Caranya cukup mengoleskannya dengan minyak zaitun serta diamkan selama kurang lebih 10 hingga 15 menit dan bilaslah. Perawatan tersebut dapat membantu Anda memanjangkannya.

Spread the word. Share this post!