Tidak Suka dengan Makanan Sehat? Berikut Tips Agar Lebih Menggemarinya

Makanan modern kini hadir dengan berbagai macam inovasi di tengah-tengah masyarakat kita. Alasan mengapa masyarakat lebih menyukai makanan modern pun juga relatif sama yaitu praktis dan enak. Apakah enak adalah hal yang sebenarnya dibutuhkan oleh tubuh kita? Tentu jawabannya adalah tidak. Tubuh kita membutuhkan nutrisi seperti karbohidrat untuk memberikan tenaga, protein sebagai metabolisme tubuh, air, mineral dan lain sebagainya. Seseorang yang kurang mengkonsumsi sayur dan buah-buahan akan lebih mudah terserang penyakit dari pada yang rutin mengkonsumsinya. Kalau tidak suka dengan makanan tersebut lantas bagaimana? Terkait makanan ini merupakan suatu kebutuhan bagi tubuh kita, bagi yang belum suka sebaiknya untuk memulai menyukainya. Berikut akan kami bagikan cara atau tips bagaimana cara agar suka mengkonsumsi makanan sehat.

Mengurangi makan makanan yang tidak sehat perlahan

Anda tidak perlu memaksakan diri untuk langsung suka dengan semua jenis makanan yang sehat. Semuanya membutuhkan proses, termasuk untuk menerapkan gaya hidup sehat.  Pertama yang harus dilakukan untuk menyukainya adalah dengan mengurangi makan makanan yang tidak sehat. Sadarilah bahwa mengkonsumsi makanan ini bukan hanya tentang suka atau tidak suka. Mengkonsumsinya adalah kebutuhan untuk kesehatan tubuh Anda.

Latihlah lidah untuk menyukainya

Langkah selanjutnya adalah memulai untuk sedikit demi sedikit mengkonsumsi makanan sehat. Dalam hal ini yang perlu ditekankan adalah kebutuhan nutrisi pada tubuh Anda. Tubuh akan bereaksi ketika Anda memperlakukannya dengan buruk. Seperti contohnya ketika Anda kurang minum air putih, maka kulit menjadi kering. Mengenali kebutuhan Anda merupakan hal yang perlu.

Mix makanan dengan makanan yang Anda suka

Anda belum juga menyukai makanan sehat? tidak apa-apa. Seperti ulasan kami diatas, semuanya membutuhkan proses. Anda perlu memberikan usaha lain, seperti mencampurkan makanan yang sehat ini dengan makanan yang Anda sukai. Hal tersebut akan lebih mudah Anda terima untuk mengkonsumsinya.

Jangan mencium aromanya

Dengan mencium aromanya saja, seseorang dapat langsung mengenali tentang makanan yang tidak disukainya. Sehat adalah kebutuhan, maka mengkonsumsi makanan sehat adalah salah satu kuncinya. Jika anda tidak suka dengan aromanya, usahakan dengan makan tanpa Anda mencium aromanya.

Sajikan makanan sehat dengan berbagai warna

Agar lebih menarik selera Anda, buatlah makanan semenarik mungkin. Salah cara untuk menggugah selera Anda yaitu dengan menyajikan makanan dengan berbagai warna yang Anda sukai.

Dengarkan lagu santai ketika makan

Menurut jurnal ilmiah food quality & preference, makanan akan terasa lebih nikmat jika Anda mengkonsumsinya dengan mendengarkan lagu-lagu santai. Maka mendengarkan musik santai direkomendasikan untuk mendukung Anda menyukai makanan sehat.

Semoga berbagai macam tips mengkonsumsi makanan yang sehat di atas bisa membantu Anda, dalam menjalankan pola hidup yang lebih sehat.

Spread the word. Share this post!