Tips Detoksifikasi yang Aman dan Mudah

Di lingkungan sekitar di mana manusia hidup, sebenarnya terdapat berbagai macam dan jenis racun yang dapat merusak organ tubuh atau mengurangi fungsi organ tubuh secara perlahan-lahan. Racun tersebut akan sangat berbahaya jika mendekam lama di dalam tubuh dalam waktu yang lama. Misalnya, asap sisa pembakaran yang dihirup ketika bernafas, akan merusak fungsi paru-paru secara perlahan-lahan jika terus-menerus dihirup. Oleh sebab itu, setiap orang harus memiliki pola hidup yang sehat dan mengusahakan lingkungan yang sehat dan nyaman agar memiliki gaya hidup yang sehat pula. Salah satu cara menjaga kesehatan yang saat ini menjadi trend di kalangan orang yang hidup di perkotaan yang rentan terhadap polusi adalah detoksifikasi atau membuang racun dari dalam tubuh. Banyak cara yang ditempuh untuk membuang racun dari dalam tubuh, misalnya dengan mengikuti terapi tertentu, mengkonsumsi obat-obatan atau makanan tertentu, dan cara-cara lainnya. Berikut ini akan dibahas mengenai tips membuang racun dari dalam tubuh yang aman dan mudah.

  • Banyak Mengkonsumsi Air Putih

Salah satu cara paling efektif untuk membuang racun dari dalam tubuh adalah dengan banyak mengkonsumsi air putih. 80% tubuh manusia mengandung air, sehingga kebutuhan tubuh terhadap air harus terpenuhi. Mengkonsumsi 8-10 gelas air putih setiap hari dapat bermanfaat langsung untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh, yang dikeluarkan melalui air seni dan keringat. Semakin banyak air putih yang dikonsumsi, maka racun di dalam tubuh dapat dikeluarkan semakin cepat.

  • Puasa

Tanpa disadari, berpuasa sebenarnya sangat efektif untuk detoksinasi. Ketika berpuasa, sistem metabolisme tubuh, terutama yang mengolah makanan yang masuk ke dalam tubuh, akan beristirahat selama beberapa jam. Pada saat banyak organ tubuh sedang beristirahat inilah yang dimanfaatkan tubuh untuk membersihkan diri dan mengatur ulang fungsinya untuk melakukan pemulihan dan penyegaran. Dengan berpuasa, Anda memberikan kesempatan bagi tubuh Anda untuk beristirahat, baik secara mental/ emosional maupun secara fisik. Berpuasa setidaknya tiga hari dalam sebulan sangat disarankan.

Baca Juga: Tips Gaya Hidup Agar Lebih Sehat Dan Bahagia

  • Melakukan Aktifitas yang Mengeluarkan Keringat

Sebagaimana dijelaskan di atas, racun dapat dikeluarkan dari dalam tubuh melalui keringat. Oleh sebab itu, melakukan hal-hal atau aktifitas yang mengeluarkan banyak keringat akan otomatis dapat mengurangi kadar racun yang bersemayam di dalam tubuh. Melakukan olahraga secara rutin setiap hari merupakan cara paling efektif untuk mengeluarkan keringat. Jika tidak mampu melakukan olahraga rutin dan olahraga yang berat, berjalan kaki setidaknya sepuluh menit setiap pagi sangat disarankan.

  • Istirahat yang Cukup

Tubuh membutuhkan waktu untuk beristirahat. Jika puasa bermanfaat untuk mengistirahatkan organ tubuh dalam mencerna makanan, maka tidur yang cukup dan efektif akan memperkuat sistem imun di dalam tubuh, sehingga secara langsung, tidur atau istirahat yang cukup merupakan cara detoksinasi yang juga efektif.

 

Spread the word. Share this post!