Tips Diet Sehat untuk Ibu Menyusui yang Perlu Diperhatikan

Setelah melahirkan, salah satu masalah yang sering dialami oleh seorang wanita adalah berat badan yang meningkat sehingga bagi sebagian wanita penampilannya menjadi kurang menarik. Untuk mengembalikan berat badan dan bentuk tubuh, biasanya menggunakan stagen namun Anda juga bisa melakukan diet yang tepat untuk ibu menyusui sehingga tidak mempengaruhi produksi ASI untuk anak. Ada tips diet yang sehat untuk ibu menyusui agar ibu tetap sehat.

Sebelum Anda berdiet, pastikan terlebih dahulu jika berat badan Anda tidak kurang atau tidak di bawah normal. Selain itu, jangan mematok Anda dalam 1 minggu harus turun berapa kilo agar tidak menyebabkan tubuh Anda tersiksa dan menyebabkan produksi ASI menjadi berkurang. Pastikan saja jika berat badan Anda berkurang dengan cara yang alami dan Anda tetap mengkonsumsi makanan yang diperlukan oleh tubuh serta hindari untuk melakukan trend diet.

Kedua adalah konsultasi. Anda bisa mengkonsultasikan dengan ahli gizi atau dokter Anda untuk menentukan berapa banyak asupan yang harus masuk ke dalam tubuh Anda namun Anda tetap bisa melakukan diet yang sehat. Tips diet sehat untuk ibu menyusui ini dilakukan agar ibu tidak kekurangan gizi sebab saat menyusui, setidaknya 500 kalori akan berkurang per harinya secara alami. Perhitungan gizi dan kalori yang masuk ke tubuh tidak hanya berdasarkan pada jumlah kalori yang keluar dari tubuh namun juga sesuai dengan usia, jenis aktivitas, kondisi tubuh Anda.

Ketiga adalah pilih asupan diet yang sehat. Agar Anda tidak bosan mengkonsumsi makanan diet yang itu-itu saja, Anda bisa melakukan variasi untuk asupan diet yang tidak hanya akan bagus untuk ibu namun juga untuk bayi yang masih menyusui. Jika nutrisi yang tepat masuk ke tubuh ibu, tidak hanya bisa menyehatkan sang ibu namun juga membuat bayi menjadi tumbuh lebih cepat dan optimal.

 Baca Juga: TIPS DIET SEHAT TANPA MENGGUNAKAN OBAT

Tips diet lainnya untuk ibu menyusui yaitu:

  • Hindari makan makanan yang berbahaya. Tanyakan ke dokter atau ahli gizi mengenai pantangannya. Beberapa jenis makanan yang tidak boleh dikonsumsi saat menyusui adalah daun mint dan peterseli sebab bisa membuat air susu terhenti dan kandungannya yang masuk ke tubuh dan diminum oleh bayi lewat ASI belum bisa tercerna sempurna oleh bayi apalagi yang usianya kurang dari 3 bulan.
  • Hindari untuk mengkonsumsi makanan non kalori dan memiliki kandungan gula yang banyak misalnya cake, pizza, keju, kue kering.
  • Kontrol porsi makan Anda. Anda bisa mengontrol porsi makan dengan makan di piring kecil dan jika lapar, Anda bisa makan lagi 15 menit setelah Anda mengkonsumsi makanan yang pertama.
  • Pilih camilan yang sehat misalnya roti gandum, buah, yogurt.
  • Batasi asupan lemak yang masuk ke tubuh.
  • Perbanyak minum air putih dan sebaiknya 16 gelas per harinya.

 

Spread the word. Share this post!