Tips Gaya Hidup Sehat Dengan Menghindari Kebiasaan Buruk Pada Malam Hari

Gaya hidup sehat sudah seharusnya diterapkan oleh semua orang. Dengan melakukan pola hidup sehat, secara tidak langsung akan terhindar dari ancaman penyakit. Pada dasarnya hidup sehat bukanlah hal yang sulit, namun yang sulitnya adalah kesadaran untuk melakukannya yang membuatnya menjadi sulit. Nah, dalam artikel ini kami akan memberikan tips gaya hidup sehat dengan menghindari kebiasaan yang kerap dilakukan pada malam hari dan tidak sadar bahwa kebiasaan tersebut berbahaya bagi kesehatan.

Mengkonsumsi Makanan Yang Mengandung Banyak Kalori

Malam hari merupakan waktu tubuh dan pikiran beristirahat, setelah seharian beraktifitas. Agar tubuh sehat, tidak disarankan mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak kalori untuk dikonsumsi pada waktu malam hari. Karena bisa menyebabkan kekenyangan dan beresiko terkena gangguan pencernaan. Kebiasaan makan makanan berkalori saat malah hari bisa menyebabkan berat badan bertambah dan meningkatnya tekanan darah.

Minum Minuman Yang Beralkohol

Selain makanan berat, kebiasaan yang harus dihindari saat malam hari adalah meneguk minuman yang mengandung alkohol. Minuman alkohol adalah jenis minuman yang tidak disarankan dikonsumsi baik pada waktu malam hari, siang, sore maupun pagi hari. Minuman alkohol dapat memicu gangguan pada organ dalam.

Makan Makanan Yang Mengandung Lemak

Makanan yang mengandung lemak, terutama lemak jahat tidak baik dikonsumsi terlalu banyak apalagi saat malam hari karena bisa menyebabkan gangguan kesehatan. Contohnya: makan es kriem, daging berlemak, kue coklat, permen dsb. Tips gaya hidup sehat apabila waktu malam perut terasa lapar, Anda bisa mengganti makanan dengan makanan tanpa lemak dan mengandung serat seperti: sayuran dan buah-buahan.

Makanan Yang Mengandung Monosodium Glutamate

Makanan yang mengandung Monosodium Glutamate atau MSG biasanya terdapat pada bumbu yang banyak digunakan di setiap jenis masakan. MSG digunakan sebagai bumbu penyedap rasa. Oleh sebab itu hindari jenis makanan yang banyak menggunakan MSG, seperti: keripik, junkpood dsb. Kebiasaan dan terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung MSG beresiko mengalami kerusakan pada kulit dan meningkatnya detak jantung.

Minum Minuman Yang Mengandung Kafein

Kopi merupakan salah satu jenis minuman yang disukai banyak orang. Bahkan sekarang muncul trand pecinta kopi di beberapa kota besar di Indonesia. Minum kopi menjadi ritual yang harus dilakukan bahkan bagi sebagian orang, kopi ibarat kawan akrab yang selalu menemani.

Namun, kebiasaan minum kopi yang kurang tepat bisa menyebabkan gangguan dan masalah kesehatan apalagi jika diminum pada waktu malam hari. Masalah yang umumnya terasa adalah seperti: sering gelisah, degup jantung yang cepat dan tidak berirama. Jika ingin menerapkan tips gaya hidup sehat caranya bisa mengganti kopi dengan minuman yang lebih sehat, seperti: susu, teh hijau, air putih dan jus buah tanpa gula dan es batu.

Spread the word. Share this post!