Tips Gaya Hidup Sehat, Manfaat Air Putih Untuk Kesehatan

Tips gaya hidup sehat salah satunya adalah disarankan untuk mengkonsumsi air putih. Air putih memiliki peranan yang sangat vital bagi tubuh dan kesehatan. Anda bisa bayangkan bagaimana rasanya hidup selama beberapa hari tanpa minum air putih, tentu tidak akan dapat bertahan hidup lebih dari tiga hari.

Tubuh kita 80%-nya terdiri dari air. Maka tidak heran mengapa tubuh kita tidak boleh sampai kekurangan air. Jika kekurangan bisa menimbulkan berbagai macam masalah kesehatan.

Kita disarankan minum air putih minimal 8 gelas sehari, agar tubuh tidak mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan.  Ada bahaya yang ditimbulkan jika tubuh kekurangan asupan air, diantaranya adalah sebagai berikut:

Fungsi Ginjal Menjadi Terganggu

Jika Anda terus menerus beraktivitas setiap hari namun kurang asupan air bisa menyebabkan organ ginjal terganggu. Jika kebiasaan tidak minum air putih tidak dirubah, dapat menyebabkan gagal ginjal yang bisa menyebabkan kematian.

Fungsi Organ Pencernaan Terganggu

Apakah Anda pernah merasakan sembelit atau susah BAB. Tips gaya hidup sehat bisa dijadikan solusi mengatasi masalah pencernaan yaitu minum air putih secara teratur dan makan makanan yang mengandung serat, seperti: buah-buahan dan sayuran.  

Tubuh Menjadi Mudah Lelah dan Lesu

Selain menyebabkan timbulnya masalah kesehatan, kurang air putih bisa membuat badan lebih mudah lelah dan lesu. Badan rasanya tidak memiliki tenaga, bahkan tidak jarang gejala yang ditimbulkan menjadi lebih mudah ngantuk.

Sulit Konsentrasi

Melakukan aktivitas apapun, pikiran dituntut untuk fokus. Jika tidak fokus atau konsentrasi terganggu bisa membuat pekerjaan terganggu dan hasilnya tidak akan maksimal.

Agar pikiran bisa lebih fokus, jangan sampai lupa minum air putih setiap harinya. Jika kurang air putih bisa menyebabkan fungsi kerja otak menjadi terganggu dan efeknya menjadi sulit untuk konsentrasi.

Sering Sakit Kepala

Karena cairan yang masuk ke otak berkurang maka bisa menyebabkan kepala pusing dan sakit. Biasanya akan disertai dengan tenggorokan terasa kering dan lebih parahnya bisa membuat tubuh terkena deman.

Kulit Menjadi Kusam Dan Keriput

Kurang asupan cairan air ke dalam tubuh, tidak hanya berdampak pada kesehatan tubuh saja namun juga berdampak pada kesehatan kulit. Kulit akan menjadi kusam dan muncul kerutan-kerutan pada wajah. Semakin kurang air putih bisa menyebabkan penuaan dini.

Radang Sendi

Tidak heran jika kurang minum air putih bisa menimbulkan berbagai macam keluahan, contohnya linu pada sendi-sendi di tubuh. Ibaratnya air adalah pelumas sendi sehingga pada waktu bergerak, kondisi tulang rawan terlindungi.

Nah, setelah mengetahui apa saja bahaya yang ditimbulkan jika tubuh kekurangan air putih, maka sudah seharusnya membuat kita memulai tips gaya hidup sehat dengan minum air putih secara teratur setiap harinya.

Spread the word. Share this post!