Tips Gaya Hidup Sehat untuk Orang yang Tinggal di Kota Besar

Penelitan menunjukkan, bahwa orang-orang yang tinggal di pedesaan atau kota kecil memiliki pola hidup yang lebih sehat dibandingkan dengan orang-orang yang tinggal di kota besar. Penilaian tersebut diukur dari berbagai indikasi, misalnya kualitas udara, seberapa efektif pola istirahat dan pola makannya, dan juga kebiasaan-kebiasaan lain yang berpengaruh pada kesehatan fisik dan batin seperti olahraga dan pergaulan di lingkungan tempat tinggal. Hasilnya, orang yang tinggal di kota besar lebih berpotensi mengalami stress dan dilanda berbagai penyakit. Hasil penelitian tersebut memberi pelajaran bahwa orang-orang yang tinggal di kota besar mulai saat ini harus lebih memikirkan pola hidup dan kebiasaan-kebiasaannya sehari-hari agar mampu memperbaiki kualitas hidupnya sehingga bisa memiliki fisik dan psikis yang lebih sehat. Berikut ini akan dibahas mengenai tips gaya hidup sehat bagi orang yang tinggal di kota besar.

  • Energi Bangun Pagi Bahagia

Sebagian besar orang kota, terutama yang memiliki pekerjaan tetap dan harus berangkat kerja setiap pagi buta, tidak bahagia setelah bangun tidur. Hal ini disebabkan karena mereka langsung memikirkan setumpuk pekerjaan yang harus mereka hadapi setiap harinya. Jika ketika bangun tidur sudah stress dan suntuk, maka akan berpengaruh pada kondisi fisik dan psikisnya sepanjang hari. Agar memiliki gaya hidup sehat, usahakan untuk berbahagia dan berpikir positif setiap bangun pagi, misalnya dengan berpikir bahwa pekerjaan yang harus dihadapi hari itu merupakan masalah yang sepele dan memang harus dikerjakan tanpa perlu dipikir terlalu berat, atau dengan cara menenangkan pikiran sejenak setiap bangun tidur dengan menarik nafas panjang di ruangan terbuka selama sepuluh menit. Menarik nafas dalam-dalam dan kemudian menghirup udara pagi yang masih bersih dari polusi akan membuat psikis lebih tenang, dan hal tersebut akan berpengaruh langsung pada kondisi fisik.

Baca Juga: TIPS GAYA HIDUP SEHAT UNTUK KAWULA MUDA

  • Sedikit Olahraga Namun Efektif

Salah satu penyebab terbesar mengapa orang yang tinggal di kota besar memiliki gaya hidup yang cenderung tidak sehat adalah kurangnya melakukan olahraga sebab mereka beranggapan bahwa tidak memiliki waktu untuk berolahraga. Waktu yang terlalu padat membuat mereka beranggapan bahwa olahraga cuma akan buang-buang waktu. Padahal, berolahraga secara teratur setiap hari akan berdampak besar bagi kesehatan, walaupun hanya sebentar. Cara olahraga yang efektif bagi orang yang terlalu sibuk bekerja misalnya, melakukan gerakan peregangan sebelum mandi pagi, olahraga ringan tersebut tidak akan memakan waktu lebih dari sepuluh menit. Atau dengan jalan kaki sepuluh menit setiap pagi sehabis bangun tidur di sekitar rumah.

  • Menjaga Pola Makan

Makanan merupakan penyebab terbesar mengapa orang yang tinggal di kota besar rentan terhadap penyakit. Kebiasaan mengkonsumsi makanan instan yang komposisinya mengandung bahan kimia dan bahan pengawet merupakan faktor yang mempengaruhi kesehatan fisik. Biasakan untuk memiliki gaya hidup sehat dengan menjaga pola makan, misalnya mengimbangi makanan dengan sayuran dan buah-buahan.

 

Spread the word. Share this post!