Tips Melakukan Olahraga Lari

Olahraga lari kini menjadi alternative olahraga pilihan semua kalangan masyarakat. Hal tersebut dikarenakan olahraga lari merupakan jenis olahraga yang tidak terlalu banyak membutuhkan biaya, jika dibandingkan dengan olahraga lainnya misalnya nge-gym.

Tips Melakukan Olahraga Lari

Berlari memang seringkali menjadi olahraga pilihan bagi semua kalangan. Alasannya adalah karena berlari tidak membutuhkan banyak biaya dan kamu tidak harus ke gym. Tidak jarang berlari seringkali dijadikan sebagai olahraga untuk menurunkan berat badan karena selain baik untuk jantung, berlari juga sangat bagus untuk membakar kalori.

Nah, artikel berikut ini akan membahas tentang tips olahraga lari untuk program diet. Diet terutama untuk membakar kalori yang berlebih dalam tubuh bisa dilakukan dengan cara berlari. Agar mendapatkan hasil yang maksimal maka kamu harus berolahraga lari dengan rutin. Selain itu, kamu juga perlu menambahkan variasi latihan fisik lainnya, misalnya dengan menambah kecepatan larimu dari hari ke hari.

Cara yang demikian dapat membantu kamu untuk menurunkan berat badan dengan olahraga lari. Lebih jelasnya kalian bisa menerapkan cara di bawah ini, antara lain:

  • Mengubah kecepatan lari

Cara olahraga lari dengan konsisten mengatur interval kecepatan dapat efektif mengurangi lemak dan kalori yang berlebih dalam tubuh kalian. Hal tersebut juga dapat membantu meningkatkan kecepatak proses metabolism tubuh. Jadi, kamu bisa mencoba mengubah kecepatan larimu dari hari ke hari secara konsisten.

  • Olaharaga lari selama 45 menit perhari

Selain kualitas kecepatan, kualitas lamanya waktu kalian berlatih pun juga menunjukkan efektif tidaknya hasil olahraga kalian. Jika kalian merasa tidak ada perubahan tubuh walaupun setiap hari sudah berlari, maka cobalah untuk mengubah jadwal latihan lari kalian setiap harinya menjadi 45 menit. Eits bukan berarti kalian harus berlari selama 45 menit loh. Kalian bisa mengaturnya dengan teknik, missal di 5 menit pertama kalian bisa pemanasan sambil berjalan. Sisanya bisa dengan jalan cepat, berlari dengan kecepatan sedang, dan sprint.

  • berlari lebih lama

untuk membakar kalori dan lemak lebih banyak, maka kalian butuh memperpanjang masa latihan mu. Caranya dengan berlari lebih lama. Jika 45 menit per hari belum menunjukkan perubahan, kalian bisa menambah waktu lebih lama lagi.

Selain hanya berlari yang fungsi utamanya untuk membakar kalori dalam tubuh, kalian juga bisa mengimbangi dengan mengutamakan kekencangan otot perut. Kalian bisa mengangkat lutut tinggi-tinggi. Lakukan selama 1 menit saat kamu berlari sedang kemudian angkat lututmu. Pusatkan pada otot perut.

  • Latihan Kardio

Selain mengangkat lutut, kalian juga bisa mencoba latihan kardio untuk membuat perut kalian terbentuk. Kalian bisa mencoba latihan kardio kurang lebih 20 menit. Jika kalian baru mencoba teknik latihan kardio lakukan 30 detik dan istirahatlah selama 30 detik.

Spread the word. Share this post!