Tips Mengolah Makanan Instan Agar Aman dan Menyehatkan

Menyantap makanan dengan cara penyajian yang cepat sudah menjadi trend dan gaya hidup bagi banyak kalangan. Selain dapat menghemat waktu, mengkonsumsi makanan yang cepat dalam penyajiannya tidak membuat mereka kewalahan dan kerepotan dalam memasaknya. Namun tahukah Anda bahwa terlalu sering mengkonsumsi makanan cepat saji, dapat membawa dampak negatif bagi tubuh kita. Oleh karena itu pembatasan dan cara penyajian yang tepat dari makanan tersebut perlu Anda ketahui, agar nantinya tidak membawa dampak yang negatif bagi kesehatan tubuh Anda. Berikut ini beberapa tips pengolahan makanan instan yang tepat sebagai salah satu makanan cepat saji.

Makanan yang diolah dengan cara instan, biasanya banyak dikonsumsi oleh mereka yang jauh dari keluarga ataupun tergolong dalam kategori perantauan. Jika terlalu sering dikonsumsi, makanan praktis ini dapat membawa dampak yang buruk bagi kesehatan manusia. Salah satu dampak yang secara signifikan dapat terlihat adalah terjadinya obesitas pada tubuh para pengkonsumsi nya. Obesitas inilah, yang kemudian dapat membawa efek penyakit lainnya, seperti diabetes, kanker dan penyakit membahayakan lainnya. Oleh karena itulah hindari mengkonsumsi mie yang diolah dengan cara praktis ini sebagai menu keseharian Anda.

Bagi Anda yang terpaksa mengkonsumsi makanan instan karena tidak adanya bahan makan lainnya, berikut ini tips mengkonsumsi mie tersebut agar aman dan tidak membawa dampak negatif pada kesehatan tubuh Anda, diantaranya adalah:

  • Rebuslah makanan tersebut dan buang air rebusan tersebut, air rebusan makanan pertama kali inilah, yang melarutkan lapisan lilin yang ada pada mie. Membuang air rebusan pertama dari makanan akan dapat meminimalisir lapisan lilin yang masuk kedalam tubuh.
  • Berilah jeda dalam waktu mengkonsumsi makanan tersebut, pada umumnya lapisan lilin yang ikut masuk dalam tubuh, memiliki jangka waktu 3 hari untuk dapat larut dan hilang dari dalam tubuh. Jadi usahakan semaksimal mungkin untuk tidak mengkonsumsi makanan dalam jangka waktu 3 hari setelah mengkonsumsinya.
  • Jangan memasukkan bumbu makanan saat sedang direbus, karena hal tersebut justru akan melarutkan zat kimia yang terdapat dalam kandungan bumbu tersebut.

Untuk menjadikan makanan yang Anda olah menjadi lebih nikmat dan menyehatkan, Anda dapat menambahkan berbagai sayuran segar dan organik ketika mengolahnya. Pemilihan sayuran hijau akan lebih dianjurkan, sebagai pengganti serat yang memang tidak terdapat dalam kandungan makanan praktis. Menambahkan telur juga dapat menyeimbangkan kadar protein yang dapat diserap oleh tubuh, sehingga asupan gizi yang Anda butuhkan dapat dengan mudah terpenuhi.

Agar nilai konsumsi makanan instan Anda menjadi lebih menyehatkan, Anda dapat mengkonsumsinya bersama dengan segelas susu, setelah mengolah mie bersama dengan sayuran dan telur. Mengkonsumsi mie memang mudah dan cepat, namun ingatlah bahwa semua yang diolah dengan cara praktis, biasanya akan dapat membawa dampak yang negatif bagi kesehatan tubuh manusia.

 

Spread the word. Share this post!