Tips Merawat Kulit Agar Tetap Sehat

Sehat menjadi dambaan setiap orang. Salah satu organ tubuh bagian terluar yang mempengaruhi penampilan seseorang adalah kulit, oleh karena itu merawat kulit agar tetap sehat sangat perlu untuk Anda lakukan. Hal ini dikarenakan kulit yang berada di bagian terluar tubuh sangat mudah terkena kontaminasi dari lingkungan luar seperti kuman, bakteri, dan beragam mikroorganisme lainnya. Jika kulit terganggu kesehatannya, maka bukan tidak mungkin bagian tubuh yang lain juga akan ikut terganggu.

Tips Merawat Kulit Agar Tetap Sehat

Kulit yang Sehat Jadi Dambaan

Jenis kulit memang ada beragam mulai dari yang sensitif, kering, hingga berminyak. Terlepas dari hal tersebut, merawat kulit memiliki tujuan utama yaitu agar kulit sehat. Kulit yang sehat umumnya ditandai dengan teksturnya yang lembut dan lembab, sehingga membuat Anda nyaman dan selalu tampil percaya diri ketika beraktivitas. Beberapa tips ini bisa Anda terapkan untuk menjaga kulit untuk tetap sehat.

Hentikan Kebiasaan Merokok

Salah satu langkah merawat kulit yang pertama adalah kurangi atau hentikan jika Anda punya kebiasaan merokok. Rokok bisa mengakibatkan kulit Anda mengalami penuaan yang lebih cepat dibandingkan dengan mereka yang tidak merokok yang disebabkan oleh racun dari tembakau.

Hindari Konsumsi Alkohol

Merokok juga identik berhubungan dengan alkohol. Jika merokok dilarang untuk Anda yang ingin memiliki kulit yang sehat, begitu pula dengan mengonsumsi minuman beralkohol. Hal ini dikarenakan alkohol dapat membuat tubuh Anda termasuk kulit menjadi terdehidrasi. Dampaknya kulit Anda menjadi terlihat lelah dan tua.

Konsumsi Makanan Sehat Bergizi

Sama halnya tubuh, kulit membutuhkan adanya nutrisi. Nutrisi tersebut bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi buah dan sayur sehingga kulit Anda terlihat lebih sehat dan awet muda.

Istirahat Cukup

Kebutuhan istirahat untuk tubuh memang penting. Jika Anda kurang tidur maka akan berdampak pada kulit Anda yaitu lebih terlihat kusam, lelah, dan lebih tua. Jika waktu Anda beristirahat kurang, maka bisa menyebabkan munculnya kantung mata hingga berwarna hitam.

Kendalikan Stres

Ketika stres, tubuh memproduksi hormon utama stres yang membuat tubuh mengeluarkan lemak berminyak dengan jumlah yang tidak biasa. Lemak inilah yang nantinya akan menutup pori-pori pada kulit Anda dan bisa menjadi penyebab tumbuhnya jerawat dalam jumlah yang tidak sedikit.

Rutin Menjaga Kebersihan Kulit

Rutinitas yang wajib Anda lakukan untuk Merawat kulit adalah mencuci muka dan menggunakan pelembab. 2 kegiatan ini adalah langkah untuk selalu menjaga kebersihan kulit sehingga bisa meminimalisir munculnya jerawat

Lindungi Kulit dari Paparan Sinar Matahari

Untuk menjaga dan merawat kulit agar tetap sehat Anda harus mengenakan pelindung saat harus beraktivitas di luar ruangan. Hal ini dikarenakan, paparan sinar matahari secara langsung ke kulit cukup berbahaya mulai dari bisa menimbulkan flek hitam sampai membuat kulit menjadi lebih kusam. Anda bisa mengenakan baju panjang atau tabir surya dengan kadar SPF tinggi.

Spread the word. Share this post!