Tips Merawat Kulit Ketika Memasuki Usia Menopause

Menopause pasti dialami setiap wanita yang telah memasuki usia tua. Pada masa ini tubuh sudah berhenti memproduksi kolagen yang mempengaruhi elastisitas kulit. Kadar estrogen dalam tubuh wanita juga semakin berkurang. Hal ini dikarenakan Kadar testosteron yang semakin dominan. Peristiwa inilah yang akan membuat kulit berjerawat dan mulai tumbuhnya rambut halus di sekitar wajah. Pada kenyataannya Anda tidak dapat menghindari menopause, namun dapat mencegah perubahan kulit dengan beberapa kiat. Berikut adalah kiat  merawat kulit cantik sebelum dan setelah menopause.

Tips Merawat Kulit Ketika Memasuki Usia Menopause

Senantiasa menjaga kelembaban kulit

Dengan berubahnya hormon dalam kulit, menjadikan kulit lebih kering karena non aktifnya kelenjar minyak. Oleh karena itu, menjaga kelembaban kulit Anda agar tetap terhidrasi merupakan hal penting. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan pelembab. Dengan kulit yang senantiasa terhidrasi dan terjaga kelembabannya akan melawan munculnya garis-garis halus akibat proses penuaan. Selain menggunakan pelembab, rajin membersihkan wajah juga dapat menjadi solusi.

Tidak melupakan tabir surya

Pastikan Anda menggunakan tabir surya setiap hari ketika hendak keluar rumah guna melindungi kulit dari jahatnya sinar matahari. Radiasi sinar UV yang terus menerus merupakan penyebab kanker kulit. Anda dapat memilih tabir surya dengan SPF 30. Dengan menggunakan tabir surya atau sunscreen akan membantu memudarkan bintik hitam pada kulit akibat penuaan. Namun tabir surya tidak sepenuhnya dapat melindungi secara maksimal. Anda perlu pelindung tambahan untuk merawat kulit seperti topi, sarung tangan, atau pakaian lengan panjang ketika Anda melakukan kegiatan di luar ruangan.

Jangan meremehkan antidoksidan

Di masa-masa menopause, untuk membantu merawat kulit dari dalam sebaiknya Anda tidak melupakan antioksidan. Dengan mengonsumsi makanan kaya antioksidan dapat membantu mempertahankan elastisitas kulit. Contoh makanan yang memiliki kandungan antioksidan dan baik untuk kulit yakni kacang-kacangan, buah, sayur, stroberi, anggur, dan apel. Sayuran hijau seperti kol, sawi hijau; brokoli, bawang putih, tomat, dan wortel juga menyimpan kandungan antioksidan tinggi.

Melakukan olahraga secara rutin

Olahraga merupakan salah satu gaya hidup sehat yang bagus untuk menjaga kesehatan kulit. Dengan Olahraga, akan meningkatkan sirkulasi darah dan oksigen yang di usia lanjut biasanya akan melambat. Sirkulasi yang baik akan membuat kulit akan tampak lebih cerah dan sehat. Contoh olahraga yang dapat dilakukan misalnya senam aerobik, jalan kaki, yoga, berenang, dan olahraga lain.

Cukup tidur

Kurang tidur faktor utama yang menyebabkan penuaan dini. Hal ini karena saat tubuh kurang beristirahat, akan mengubah kadar hormon dan metabolisme yang terjadi.  Sehingga secara otomatis akan memperburuk kesehatan kulit. Jadi cukup tidur dan beristirahat merupakan salah satu cara merawat kulit paling mudah. Cukup dengan tidur minimal 7 jam sehari dan dapatkan kulit indah.

Pastikan Anda terhindari stres

Kondisi tubuh yang stres akan berakibat buruk bagi kulit. Kulit akan kering dan sensitif. Pastikan Anda menghindari faktor penyebab stres atau segera mengobati stres yang Anda miliki.

Spread the word. Share this post!